Jumat, 18 Oktober 2013

Innovation on Product Design Competition (INCEPTION) 2013 Deadline: 16 November 2013




Penyelenggara: 
Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Islam Indonesia

Tema Kegiatan:
"Innovation on Product Design Through Green Concept"

Persyaratan Umum:
  1. Semua mahasiswa aktif program Strata 1 dan diploma dari semua program studi dari seluruh Perguruan tinggi se-Indonesia dapat berpartisipasi. 
  2. Setiap tim terdiri dari maksimal tiga orang peserta, minimal satu peserta mahasiswa teknik industri. Semua anggota tim harus berasal dari satu universitas yang sama.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 170.000,- dapat ditransfer ke Bank Mandiri Syariah Cab. Yogyakarta UII No. Rek. 7039211836 a.n Sri Indrati. 
  4. Produk yang diciptakan harus mengandung unsur reduce, reuse, recycle, dan replace (mengurangi, menggunakan kembali, mendaurulang, dan menggantikan).
  5. Setiap tim hanya boleh mengirimkan sebuah desain.
  6. Semua ide proposal yang masuk akan menjadi milik panitia INCEPTION 2013. 
  7. Karya yang diikutsertakan dalam kontes ini adalah karya asli masing-masing tim peserta yang  belum dipublikasikan dan belum dikomersialkan sebelumnya.
  8. Ide  yang  dikembangkan  adalah  asli  dari  peserta,  atau  salah  satu  peserta.  
  9. Seluruh  proses  pembuatan  desain,  dari  pembangunan  proposal  hingga  final  dilakukan  oleh  peserta  dibuktikan  dengan  presentasi  saat  final,  serta  surat  pernyataan  keaslian  ide  dan  hasil.  
  10. Jika  dikemudian  hari  ada  pihak  yang menuntut  atas  ide  yang  dilombakan, maka  hak  juara  (jika  berhasil  menjadi  juara)  akan  dicabut  oleh  panitia,  peserta/institusi  pemenang  wajib  mengembalikan hadiah dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.

Kategori Lomba:
  1. Green for Office Appliance: Konsep ini akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam menyelamatkan lingkungan didalam maupun diluar perusahaan tersebut. Dalam konsep ini, peserta ditantang untuk mendesain suatu produk peralatan kantor dengan penerapan konsep green didalamnya. Selain desain produk yang bermanfaat, tentu aspek seperti ergonomi, estetika, cara produksi yang green hingga kegunaan produk tersebut menjadi poin penting yang tidak dapat dipisahkan dengan konsep Go Green itu sendiri.
  2. Green for Toys Product: Didalam konsep Green for Toys Product ini, peserta ditantang untuk mendesain suatu produk mainan anak-anak dengan menerapkan konsep green didalamnya termasuk memperhatikan aspek ergonomi, estetika, dan proses pembuatan yang green. Pada konsep ini peserta diharuskan membuat produk mainan anak-anak yang dapat mengajarkan kepada anak-anak bagaimana konsep hidup “green” itu. Jadi hasil dari konsep ini akan tercipta suatu produk yang dapat mengajari anak-anak menerapkan konsep green dalam kehidupan sehari-harinya sedari dini. Kedua konsep diatas harus memiliki karakteristik ramah lingkungan pada komposisi material, proses produksi, proses distribusi, hingga kembali diproduksi. Selain itu, produk yang dibuat merupakan produk yang memiliki poin inovasi, keorisinilan, aspek ergonomika, estetika, kemanfaatan produk dan memiliki prinsip 4R (reuse, recyle, reduced, replaced) didalamnya.

Tahap Kegiatan:
  1. Babak Kualifikasi, Pada babak kualifikasi, tim yang ingin mengikuti kompetisi ini akan mengirimkan proposal dan persyaratan administrasi kepada panitia. 
  2. Expo dan Final, Expo INCEPTION 2013 akan diselenggarakan di Hall FTI UII Yogyakarta dan akan diikuti oleh 10 tim yang lolos babak kualifikasi. 10tim tersebut akan mempresentasikan produk desain yang telah diciptakan di lokasi yang disediakan dan berkesempatan untuk mengkomunikasikan produk tersebut kepada masyarakat luas.

Konten Proposal dan Persentasi:
  1. Judul
  2. Latar belakang masalah
  3. Tujuan
  4. Kegunaan
  5. Spesifikasi Produk
  6. Penjelasan sisi green
  7. Tingkat inovasi
  8. Penjelasan sisi ergonomika

Jadwal Kegiatan:
Pendaftaran Online: 1 Agustus-16 November 2013
Pengumpulan Proposal: 1 Agustus-16 November 2013 
Pengumuman 10 Besar: 1 Desember 2013
Daftar Ulang: 2-14 Desember 2013 
Persentasi, Expo dan Pengumuman Pemenang: 19 Desember 2013

Hadiah dan Penghargaan:
Juara 1: Rp. 8.000.000,- + Tropi
Juara 2: Rp. 5.000.000,- + Tropi
Juara 3: Rp. 3.000.000,- + Tropi
Best Stand: Rp. 500.000,-

Informasi:
Rinda -  087837194544
Ardita - 085727730480
Ori - 085664600621
Twitter: @lab_siman
Email: lomba.inception@gmail.com
Website: www.inception-uii.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar