Minggu, 16 Februari 2014

Cara Mendaftar SNMPTN secara Online

SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu jalur masuk atau penerimaan Mahasiswa baru di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pendaftaran SNMPTN kini sudah bisa dilakukan bagi para siswa dari SMA ( Sekolah Menengah Atas) maupun dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan sederajat.

Hal ini sangat menggembirakan bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dengan melakukan sebuah pendaftaran secara online.
Persyaratan SNMPTN:
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun ini.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar dalam PDSS.
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  4. Memiliki Prestasi akademik di sekolah. ( Tidak harus)


Cara pendaftara SNMPTN:
Untuk mengikuti jalur SNMPTN, harus melalui 2 tahapan, yaitu pengisian PDSS dan Pendaftaran.
Pengisian PDSS
  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi pada saat log in.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Pendaftaran
  1. Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  4. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  5. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. 
  6. Untuk kelas akselerasi dan sekolah yang menggunakan sistem kredit semester, pencatatan nilai mata pelajaran disesuaikan dengan sistem semester dan didistribusikan ke semester 3, 4, dan 5. Hasil proses penyesuaian harus dituangkan dalam surat keterangan yang ditandatangani kepala sekolah untuk keperluan proses registrasi apabila di terima.
Untuk informasi resmi cara pendaftaran SNMPTN dan lainnya anda dapat mengakses melalui situs http://www.snmptn.ac.id atau dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450. Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat, dengan alamat Alamat Panitia SNMPTN: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar