Minggu, 16 Februari 2014

Tips Lulus Ujian SBMPTN yang sangat ampuh

Tips Lulus Ujian SBMPTN yang sangat ampuh – SBMPTN tinggal sebentar lagi, bagi adik-adik yang ingin melanjutkan belajar ke perguruan tinggi tentu sudah melakukan berbagai persiapan. Untuk info mengenai pendaftaran dan prosedur sbmptn 2014, anda bisa langsung ke situs resminya sbmptn.or.id.

Di sini aku hanya akan membagikan bagaimana cara lulus ujian sbmptn 2014, mulai dari tahap persiapan awal, cara belajar yang benar, persiapan sebelum hari h dan rahasia khusus. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi waktu mengikuti ujian sbmptn 2008, dan syukurlah bisa lolos di pilihan pertama universitas brawijaya.
Tips Lulus Ujian SBMPTN yang sangat ampuh
Sukses Lulus SBMPTN
Tahap Persiapan Awal Mengikuti SBMPTN
Bagi yang benar-benar serius bukan adu keberuntungan, tentu anda sudah mengikuti program les atau bimbingan khusus dan juga sudah membeli buku-buku latihan soal SBMPTN 2014.
Nah dalam setiap pembahasan soal sbmptn tahun sebelumnya maupun soal try out, anda harus membuat ringkasan tiap soal. Maksudnya, anda harus tahu kata kunci pada soal tersebut, ingat cukup tulis kata kunci dan kalau bisa juga bab pelajaran. Misal, soal yang membahas tentang majas hiperbola, catat kata kuncinya yaitu majas hiperbola dan bab nya majas.
Gunanya apa?, ya agar anda tahu berapakah porsi dari kata-kata kunci maupun bab tersebut yang sering keluar dalam soal. Dengan begitu, anda tahu apa-apa saja yang harus dipelajari dengan serius, medium maupun sedikit pembelajaran. Pendaftaran SBMPTN secara Online.
Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri
Anda harus mempunyai kehendak pribadi ‘free will’ jurusan apakah yang anda sukai dan di perguruan tinggi manakah yang anda pilih. Maksudnya, anda sudah mempunyai patokan sendiri, belum terpengaruh teman-teman anda, guru anda, rasa minder maupun paksaan dari orang tua anda.
Setelah itu barulah anda berkonsultasi dengan orang tua dan guru, serta pada teman-teman yang sudah kuliah terutama di jurusan dan kampus pilihan anda. Ingat dengarkan semua argumen yang mereka berikan, kemudian analisislah apakah pendapat mereka sesuai atau tidak.
Dan inilah yang terpenting, anda harus tahu grade/tingkatan di Jurusan PTN yang anda pilih. Anda juga harus memperkirakan passing grade dari latihan try out. Untuk mengetahui grade tiap jurusan di PTN dan perhitungan Passing Grade, anda Tanya saja ke guru karena kalau anda mencari di google belum tentu benar.
Sekarang anda tahu kan jurusan apa dan di ptn mana yang seharusnya anda pilih. Dan sekali lagi aku tekankan, Jangan Memaksa, ketahui sejauh mana kemampuan anda dan renungkan nasehat orang-orang di sekeliling anda.
Cara Belajar yang Benar
Mengenai bagaimana cara belajar yang baik dan benar, aku tidak akan membahasnya panjang lebar karena setiap orang mempunyai cara belajarnya masing-masing. Yang aku tekankan cuma tiga hal pokok yang wajib anda perhatikan.
  • Belajar dari kata kunci yang sudah anda rangkum sebelumnya.
  • Belajar dalam keadaan santai dan mood yang bagus. Kalau aku secara pribadi, lebih memilih belajar di alam terbuka dan tidak lupa ada secangkir kopi+rokok dan camilan, serta air putih.
  • Jangan memaksakan diri untuk belajar dengan keras, apalagi ketika anda sudah letih, capek dan banyak masalah. Ingat daya tamping otak manusia tuh ada batasnya, apabila terlalu banyak yang ditampung tahu sendiri kan akibatnya
Hari H Ujian SBMPTN
Seminggu sebelum hari H:
  • Anda harus dapat memperkirakan berapa soal miminal yang wajib anda jawab dengan benar pada tiap pelajaran dengan memperhatikan passing grade.
  • Pastikan kesehatan anda sudah terjamin, dan kalau perlu periksa dulu ke dokter. Dan bagi anda yang memiliki penyakit kambuhan, pastikan anda sudah menyiapkan obatnya dengan cukup.
  • Selesaikan semua masalah anda kalau mudah diselesaikan, kalau rumit lepaskanlah, agar tidak mengganggu konsentrasi. Misal, mungkin masalah keluarga, dengan pacar atau juga masalah hutang.
  • Mintalah restu dan doa dari orang tua, keluarga, guru dan teman-teman anda.
Detik-detik menjelang ujian sbmptn:
  • Satu hari sebelumnya, anda harus tahu tempat duduk anda waktu mengerjakan ujian.
  • Pastikan malamnya, anda sudah beristirahat dengan cukup. Lalu berapa jamkah istirahat yang dapat dikatakan cukup, kalau orang Indonesia sih 8 jam sehari. Anda juga harus sudah menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan di ujian sbmptn.
  • Bangunlah 4 jam sebelum ujian, 3 jam gunakanlah dengan belajar dengan santai diselingi dengan hiburan. Jangan gunakan 3 jam tersebut untuk belajar tanpa henti-hentinya, bisa hilang kendali otak anda kebanyakan pressure.
  • Satu jam setelahnya gunakan untuk mandi dan berangkat ke tempat dimana anda mengikuti ujian. Dan jangan lupa bawa arloji atau jam tangan. Ops, kelupaan, bagi yang mandinya lama terutama cewek, 3 jam di atas, ubah jadi 2.5 jam.

Waktu Mengerjakan Soal SBMPTN
  • Perhatikan instruksi dari para pengawas, bisanya sih nggak boleh rame dan disuruh ngecek lembar jawaban.
  • Kerjakan dengan santai, anggap saja anda sedang mengerjakan soal latihan, seakan-akan tanpa beban.
  • Jangan memperhatikan atau melihat peserta lainnya dan pengawas, anggap saja anda berada di ruang kosong yang sepi dan santai, agra konsentrasi anda tidak terpecah belah.
  • Kerjakan dulu soal-soal yang mudah, untuk soal-soal yang anda ragu-ragu menjawabnya, beri tanda dulu. Kalau soal-soal yang mudah sudah selesai, barulah dilanjutkan dengan soal-soal yang sudah anda tandai. Setelah itu, kerjakan soal-soal yang rumit tapi ingat jangan dipaksakan.
  • Setelah semuanya beres, cek apakah instruksi ujian sudah benar-benar anda terpakan.
  • Setelah ujian selesai, istirahatlah sebentar walau cuma leyeh-leyeh, baru setelah itu mencari kesenangan atau refreshing tapi jangan berlebihan. Kalau sudah benar-benar pikiran fresh, belajar lagi deh untuk ujian di hari berikutnya.

Kiat-Kiat Ampuh Lulus SBMPTN 2014
  • Kalau usaha saja tanpa diimbangi dengan doa, sama suga boong. Oleh karena itu, rajin-rajinlah beribadah dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan.
  • Tirakat, itulah yang dulu aku lakukan. Puasa senin-kamis selama hampir dua bulan.
  • Selalu optimis, jangan ragu apalagi pesimis kalau anda tidak lulus ujian sbmptn. Ingat, Ucapan adalah Doa. Misal, kalau anda berkata, ah mungkin aku tidak akan lolos, itu sama saja dengan anda berdoa.
  • Jangan pernah mengandalkan apalagi percaya pada keberuntungan. Kalau anda mempercayainya, sama saja anda telah kalah sebelum perang.
  • Sekali lagi aku tekankan, Biasakan Santai dan Jangan Memaksa.
Kalau yang berikut ini bisa anda tiru maupun tidak. Aku selalu rajin meminum air putih karena dengan itu aku merasakan santai dan pikiranku kembali encer, dan 30 menit sebelum ujian meminum sebotol air mineral ukuran sedang untuk menenangkan pikiran.
Dalam mengerjakan soal, aku juga sering mengambil nafas dalam-dalam dan mengeluarkan perlahan ketika mengalami kebuntuan dalam mengerjakan soal.
Selesah deh tips dan trik agar anda dapat mengerjakan soal sbmptn dan dapat Lulus Ujian SBMPTN 2014. Kalau ada yang nggak patut ditiru, ya jangan ditiru, ambil aja sisi positif dan manfaatnya. Akhir kata, semoga adik-adik yang mengikut sbmptn tahun ini bisa lulus sesuai yang diharapkan, amin.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar