Minggu, 16 Februari 2014

Penyebab kegagalan dalam mengikuti SNMPTN

Penyebab kegagalan dalam mengikuti SNMPTN - Terkadang rangking 1 di SMA paling top 1 di sebuah kota bisa gagal pada SNMPTN. Terkadang rangking pas-pasan dengan nilai try-out yang sering gagal, tapi kok kenyataannya berhasil SNMPTN. Itulah bukti bebesaran-Nya, manusia hanyalah makhluk dengan segala kelemahannya, dan keberhasilannya hanya Allah-lah yang menentukan. Tapi jangan lupakan tugas kita sebagai manusia, yaitu berusaha.

Penyebab kegagalan dalam mengikuti SNMPTN
Kegagalan dalam mengikuti SNMPTN
Penyebab kegagalan SNMPTN Undangan yang pertama adalah
  • Salah Jurusan - Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yangmemiliki jurusan-jurusan favorit, menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusanlain (yang tidak diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannyaadalah agar mereka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yang diminati.
  • Kedua, Hati-hati dengan masalah teknis pengisian formulir pendaftaran. Pengisian formulir harus tepat dan hati-hati.
  • Ketiga, karena di waktu SMA hanya mementingkan kesenangan saja dan seriusnya Cuma pas kelas # mau ujian saja, jadi nilai rapor semester 1-5 nya jelek.
Cerita pengalam di atas dapat dijelaskan dengan EQ (emotional quotient= kecerdasan emosi). Mungkin tidak berlebihan jika dikatakan bahwa 50 % faktor penentu keberhasilan anda pada SNMPTN adalah kestabilan emosi, kemantapan emosi, kemaksimalan konsentrasi anda waktu hari-H SNMPTN.
Pengalaman menunjukkan, bayak siswa yang gagal SNMPTN hanya karena salah dalam pengisisian identitas, nomor SNMPTN, kode soal, ataupun pengisian jawaban. Dan anda juga harus sangan berhati-hati dengan menghitamkan seluruh jawaban secara langsung pada akhir waktu, karena pengalaman menunjukkan terkadang ada beberapa nomor yang salah (misalkan Anda memilih jawaban A, namun karena terburu-buru anda tanpa sadar telah menghitamkan jawaban B). Atau yag lebih parah jika sampai terjadi pergeseran nomor jawaban anda!
Seseorang yang selalu terhubung dengan Yang Mahakuasa, dan memulai segala aktivitas dengan membaca nama-Nya, sembari menentramkan gejolak hati saat mengerjakan soal karena yakin akan Kebaikan serta Kemaha Pengasihan-Nya, tentu akan memiliki suatu EQ yang jauh lebih kuat, baik dari faktor psikologis maupun dari faktor supranatural.
Lalu siapakan penghalang kesuksesan anda yang sesungguhnya? Diri anda sendiri, watak ragu anda, watak takut gagal dan ketidakstabilan emosi serta hawa nafsu anda. Jadi, apa saran kami? Pilih jurusan yang aman minimal pilihan ke-dua. Pilihan pertama letakkan di tempat cita-cita Anda. Rajin-rajinlah mengolah soal-soal setiap hari dn tingkatkan EQ anda terus-menerus dengan berbagai macam cara. Ingat selalu Yang di Atas. Perkuatlah ibadah dan zikir. Dan janganlah sekali-kali lupa meminta restu kepada kedua orangtua, kira-kira sehari atau sesaat sebelum melaksanakan SNMPTN. Mohon dimaafkan kesalahan-kesalahan anda pada mereka, mohon dido’akan. Semoga sukses bersama and selalu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar