Kamis, 03 Juli 2014

Membuat Sendiri Obat Afdruk Sablon

Mau membuat sendiri obat afdruk sablon seperti Ulano, Autosol ?!... Bisa, obat afdruk sablon  berbentuk pasta yang diberi warna hijau, biru atau ungu. dengan kekentalan tertentu yang disertai cairan berwarna kuning secara terpisah, disebut Sensitizer (yang membuat peka cahaya). Biasanya dikemas dalam botol berisi 200 gram.  Didalam satu kotak kemasan terdapat satu botol berisi emulsi atau pasta dan sebotol kecil Sensitizer. dengan harga lebih kurang Rp. 15.000,- bisa untuk 10 Screen ukuran 40X60 cm, 120 T.
Kalau kebutuhannya sedikit lebih baik beli saja tidak ribet. Tetapi kalau kita usaha sablon dalam skala besar, mungkin perlu untuk membuat sendiri. Terutama yang sering ganti desain, sering menghapus screen pasti pemakaian obat afdruk yang dibutuhkan banyak, oleh sebab itu untuk menghemat biaya kita perlu untuk membuat obat afdruk sendiri.
Bahan yang dibutuhkan:
  1. PVA atau PoliVinyl Alcohol
  2. Chromatin Bichromat
  3. Panci untuk masak air
  4. Pengaduk dari kayu
  5. Pewarna
PVA atau PoliVinyl Alcohol
Bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan PoliVinyl Alcohol adalah Monomer Vinil Asetat.
PVA banyak digunakan untuk:
  1. Lem kertas PVA
  2. Tekstil
  3. Pelapis kertas
  4. Lem untuk kemasan
  5. Lapisan untuk Transfer Paper
  6. Pencampur pada larutan tetes mata
  7. Penguat pada Semen beton
  8. Campuran Ice cream
  9. Campuran penguat pada Coklat
  10. Campuran pada tablet
Membuat Emulsi
kita campur air dengan PVA, banyaknya bagian air menentukan kekentalan emulsi dan untuk mendapatkan kekentalan yang mendekati kekentalan emulsi obat afdruk yang biasa kita beli, harus dicoba dengan cara ditimbang  dengan perbandingan Air dengan PVAadalah 3 : 1
Masukkan campuran air dan PVA di Panci, letakkan diatas api yang sedang sambil diaduk terus sampai kristal PVA larut semua. Kemudian kita dinginkan, baru dilihat kekentalannya. Karena semakin dingin semakin kental. Campurkan pewarna. Bisa memakai pewarna makanan atau pewarna pasta dengan air. Bukan Sumba. Setelah kekentalan cukup dan sudah dingin bisa di kemas.
Membuat Sensitizer
Sensitizer adalah cairan yang peka cahaya, bahan yang dipakai adalah Chromatin Bichromat dicampur air hangat kira-kira perbandingan air banding bubuk Chromatin = 3 : 1.  sampai larut. Kalau setelah dicampur dan diaduk masih belum larut semua berarti airnya harus ditambah lagi, dengan komposisi bisa 4 : 1.  Dan warnanya kuning bening seperti botol kecil pada gambar diatas.
Setelah kedua campuran sudah jadi, kita bisa mulai memasukkan dalam kemasan, siap untuk dipakai sendiri atau dijual. Cara pakainya sama kalau kita memakai Ulano atau merk lainnya.
Selamat mencoba.
 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar