Senin, 07 Juli 2014

Mengatasi Panel Download IDM Yang Tidak Muncul/Lengkap (TIDAK BISA DOWNLOAD DI YOUTUBE)

Pernahkah Anda mengalami masalah ketika ingin mendownload video di youtube menggunakan IDM, saat Anda ingin mengunduhnya tapi tidak menemukan panel download yang biasa muncul di atas layar video? Atau panel download tidak lengkap yang hanya berisi pilihan download Audio? Di sini saya akan sedikit memberi solusi buat Anda yang mengalami hal tersebut. panduan ini saya ulas tentang masalah download IDM melalui Firefox. untuk browser Google Chrome silahkan baca di ini.


Beberapa waktu lalu saya mengalami hal ini. Cerita sedikit, ketika ingin mencoba membuat kue mochi dan mencari video tutorialnya di youtube. Setelah menemukan video milik orang jepang kemudian bermaksud mendownload video tersebut agar bisa disimak beberapa kali, Tapi ketika mengklik panel download keanehan terjadi, yang biasanya ada banyak sekali pilihan format video yang muncul tapi kini malah tidak ada sama sekali, yang ada hanyalah pilihan download audio. Awalnya saya pikir mungkin hanya kesalahan koneksi yang membuat IDM tidak bisa mendeteksi video secara utuh di youtube. Saya pun mencoba merefresh halaman, beberapa kali refresh hasilnya tetap sama. Saya pun mulai mencari penyebabnya, mulai dari pengaturan IDM, Firefox, sampai add-on pun saya tidak menemukan kejanggalan. Lalu saya mengunjungi situs resmi IDM dan akhirnya saya menemukan penyebabnya.

Ada beberapa penyebab masalah ini, mulai dari virus, data error, kerusakan software, dan masalah pada add-on. Tapi dari kesemua penyebab tersebut yang paling sering terjadi adalah add-on yang sudah expired. Artinya kita hanya perlu memperbaharui versi add-on ke yang terbaru. Sederhana bukan?

Sebelum saya mengunjungi situs resmi IDM saya juga sempat mengunjungi beberapa forum yang juga banyak penghuni dumay yang mengalami masalah yang sama. Parahnya lagi dari semua pertanyaan yang mereka ajukan hampir tidak ada penjelasan dan penyelesaiannya. Rata2 mereka mengambil langkah menginstall ulang IDM dan Firefoxnya. Hal itu saya rasa sangat merepotkan.

Ok, Langsung saja saya tuliskan langkah cara memperbaharui add-on untuk IDM pada Firefox.
  1. Silahkan kunjungi halaman berikut ini add-on IDM pada Firefox
  2. Klik tombol "Install" pada bagian bawah halaman tersebut. Kemudian akan muncul permintaan download, silahkan di download.
  3. Setelah selesai download, pada Firefox Anda buka menu "Tool" kemudian "Add-ons"
  4. Pada halaman add-ons klik pada ikon alat pengaturan add-on, lalu pilih "Install add-on from file".
  5. pilih file yang didownload tadi (idmmzcc.xpi), kemudian akan muncul konfirmasi instalasi, pilih "Install Now".
  6. Anda akan diminta untuk merestart Firefox Anda, klik saja Restart.
  7. Selesai

Silahkan Anda buka kembali halaman youtube dimana Anda ingin mendownload video yang Anda inginkan. Panel download IDM akan kembali dipenuhi dengan format video yang bisa Anda pilih. Selamat masalah Anda teratasi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar