Kamis, 03 Juli 2014

Silicone Rubber

Ketika kita ingin membuat benda dari resin dimana tidak ada cetakan yang tersedia dipasaran ataupun cetakan tersebut memiliki kerumitan yang lebih tinggi, maka salah satu pilihan yang paling feasible untuk dipilih adalah cetakan dari bahan silicone rubber.
 Bahan Silicone Rubber ini bahan dasarnya adalah karet yang telah diolah sedemikian rupa sehingga dalam keadaan dasar dia bersifat liquid (mengalir), namun dengan penambahan hardener dia akan membeku setelah beberapa saat hingga beberapa hari tergantung konsentrasi pencampurannya. Saat ini yang umum dijual ditoko bahan kimia, ada 2 jenis Silicone Rubber, yaitu Silicone Rubber RTV 585 dan RTV 586. RTV 585 harganya lebih mahal dari RTV 586. Harganya berkisar antara 200 - 300 ribu perkilo beserta hardenernya. Sementara RTV 586 harganya berkisar antara 150 - 200 ribu perkilo. 
 Dari sifatnya, setelah membeku, RTV 585 memiliki sifat lebih padat dan kaku bila dibandingkan RTV 586, sehingga umur pakainya jauh lebih lama daripada RTV 586. Namun, RTV 585 tersebut menggunakan hardener yang bereaksi dengan udara, sehingga bila hardenernya lama tidak digunakan, akan membeku dan kita tidak dapat lagi menggunakan silicone rubber nya, karena hardener dan silicone rubber tersebut dijual sepaket.  Saya sendiri memilih menggunakan RTV 586, karena lebih murah dan lebih tahan disimpan.
Berbeda dengan resin, dalam proses pembekuan silicone rubber tidak menimbulkan panas, Untuk membuat atau menduplikasi benda rumit, maka kita harus memiliki masternya terlebih dahulu. Master ini dapat kita buat dari bahan kayu, resin, fiberglass, plastik, melamin, tanah liat, dan sebagainya. 
Dan untuk membuat molding atau master cetakan menggunakan Silicone Rubber bisa intip disini!!! 
 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar