Kamis, 05 Juni 2014

10 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak


telur-mata-sapi-_130815155416-436
“Makan gih, biar kerjanya enak nanti..” Kalimat seperti itu kerap dilantunkan, ketika ada yang memotivasi kita memakan sesuatu, supaya kinerja otak menjadi lebih baik. Namun, relatif sih sebetulnya. Tergantung, makanannya apa dulu? Apakah memang setiap makanan yang kita konsumsi itu, pasti akan berdampak bagus untuk otak kita?
Nah, padahal, tidak semua makanan. Hanya sebagian saja. Berikut ini, 10 makanan yang baik untuk otak Anda. yang dikutip dari berjambang.blogspot.com
1. Coklat Hitam
Coklat Hitam Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Mungkin Anda langsung semangat jadinya, begitu tahu rupanya coklat itu bagus untuk otak Anda. Hehehe!
Yah, soalnya, pertama, coklat itu mengandung antioksidan. Jadinya, bisa membantu Anda terlindungi dari stress oksidatif, yang berasal dari radikal bebas.
Kedua, coklat hitam ini bisa meningkatkan horman endorfin dalam tubuh Anda, sehinga mood Anda pun jadi meningkat!
Disarankan Anda mengonsumsinya 1 ons per hari.
2. Blueberry
Blueberry Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Dr. Steven Pratt, penulis Superfoods Rx: Fourteen Foods Proven to Change Your Life, menemukan bahwa blueberry itu salah satu makanan khasnya otak.
Karena, dia juga punya khasiat-khasiat yang dimiliki si coklat di atas, yakni, kaya akan antioksidan yang bisa membantu perlindungan otak dari bahaya stress oksidatif dari radikal bebas pada tubuh.
Selain itu, blueberry ini juga mampu membantu perlidungan sel-sel dan neuron di otak, dari bahayanya spesies-spesies yang menyerangnya. Pun, jadinya memori dan kemampuan belajar meningkat.
Sampai-sampai ada sebuah penelitian bahwa bluerberry ini bisa membantu perlindungan dari kepikunan, bahkan penyakit neurodegenerative sepertiAlzheimer.
Disarankan mengkonsumsi blueberry ini sebanyak satu cankir dalam sehari.
3. Telur
Telur Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Terutama bagian kuning telurnya, bagus tuh, termasuk salah satu sumber kolin yang terbaik. Jadinya bisa meningkatkan memori dan mengurangi kepikunan. Karena komunikasi antara sel-sel otak akan meningkat.
Disarankan makan satu buah telur dalam sehari.
4. Alpukat
Alpukat Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Soalnya di dalam alpukat ini, ada lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah. Otomatis, bermanfaat bagi semua organ tubuh. Termasuk otak, jadinya cukup mendapatkan supply oksigen deh.
Karena tinggi kalori, konsumsi sekitar seperempat sampai setengah buah alpukat dalam sehari udah cukup.
5. Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Lantaran mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi, makanya bisa meningkatkan kejernihan mental, memori, bahkan udah terbukti bisa memulihkan penuaan otak pada bagian otak rat.
Lalu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, yang bisa mencegah penurunan kognitif. Lagipula bentuknya juga mirip otak yah kan, hehehe!
Disaranan sih, makan kacannya, kacang jenis kenari. Itu yang paling bagus kalau buat kesehatan otak. Malahan bisa juga meningkatkan suasana hati, mengurangi kepikunan, dan meningkatkan kesehatan jantung.
Makan satu ons perhari, cukuplah.
6. Kacang Arab
Kacang Arab Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Kacang arab ini banyak mengandung magnesiumnya nih. Makanya, dia bisa meningkatkan transmisi pesan antara neuron-neuron. Dia bisa mengendurkan pembuluh darah, kemudian meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan hormon seretonin di otak, sehingga mood jadi lebih baik.
Anda bisa memakannya beberapa kali dalam seminggu.
7. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Nah, kalau minya zaitun ini, dia ini sumber asam lemak Omega-3 yang sama bagusnya kayak antioksidan. Seperti yang dibahas di atas, dia bisa melindungi otak dari stres oksidatif. Pun juga bisa meningkatkan daya ingat dan daya belajar.
Satu sampai dua sendok makan dalam sehari, ketika ditaburkan pada sald atau pada bubu masak, udah termasuk kadar yang optimal kok.
8. Wild Salmon
Wild Salmon Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Salmon termasuk salah satu makanan yang juga kaya akan asam lemak Omega-3, yang bisa membantu penjagaan sel otak, dan juga bekerja sebagai anti-inflammatories.
Karena sejatinya tubuh kita nggak bisa memproduksi jumlah asam lemak yang kita butuhkan. Makanya, kita perlu sumber dari luar.
Asam lemak pada salmon ini juga bagus buat jantng, otak, dan kesehatan mata, serta pengatasan kepikunan.
Oia,  sayangnya, para peternak salom dapet salmon yang kadar lemaknya berbeda-beda, nggak tentu segitu terus. Maka, disarankan untuk memilih wild salmon aja, lebih bagus.
Bagus pula bila dimakan sebanyak 4 ons, disajikan 2-3 kali dalam seminggu.
9. Biji Rami
Biji Rami Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Biji rami itu banyak asam lemaknya juga. Jadi, penting juga buat kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi daya lupa akibat penuaan.
1 atau 2 sendok dalam sehari, sudah bisa memberikan efek.
10. Brokoli
Brokoli Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak
Brokoli ini, sumber kolin yang mantap nih, yang telah diketahui mampu meningkatkan daya ingat serta menurunkan kepikunan akibat penuaan. Selain itu, juga kaya akan vitamin K, yang bisa meningkatkan kecepatan kerja otak.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar