Selasa, 10 Juni 2014

Hasil debat Capres putaran pertama tadi malam


Video Hasil Debat Capres Putaran pertama tadi malamDebat Capres dan cawapres putaran pertama sudah digelar tadi malam, menurut banyak pengamat mengatakan pemenang debat putaran pertama ini adalah para cawapres, karena mereka dinilai lebih menguasai masalah dari pada capresnya.
Dua calon wakil presiden peserta Pemilu Presiden 2014, Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla, dinilai lebih cerdas dibandingkan dua calon presiden yang mereka dampingi, Prabowo Subianto dan Joko Widodo.
“Dua cawapres ini lebih cerdas daripada capresnya. Elaborasi yang dilakukan (para) cawapres luar biasa, lebih menukik dan tajam,” kata pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, saat dihubungi, Senin (9/6/2014) malam.
Menurut Emrus, intelektualitas Hatta maupun Kalla terlihat sepanjang debat perdana pasangan calon presiden-wakil presiden, di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam. Baik Hatta maupun Kalla, ujar dia, terlihat lebih menguasai materi persoalan daripada Prabowo dan Jokowi.
Emrus berpendapat, frekuensi bicara kedua orang tersebut tak terlalu penting untuk diperhatikan. Dia melihat, baik Prabowo maupun Jokowi pun terlihat sangat menghargai masing-masing calon wakil presidennya.
Indikasi penghargaan tersebut, sebut Emrus, Prabowo dan Jokowi tidak terlihat mendominasi dan kerap memberikan kesempatan kepada Hatta dan Kalla untuk bicara. Karenanya, Emrus berpendapat, Prabowo dan Jokowi tidak salah memilih Hatta dan Kalla sebagai pendamping.
Dua pasangan calon presiden-wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden 2014 yang sekarang memasuki tahap debat antar-kandidat. Pasangan nomor urut satu adalah Prabowo-Hatta dan pasangan nomor urut dua adalah Jokowi-Kalla.
Komisi Pemilihan Umum berencana menggelar lima kali debat antar-kandidat, baik antar-capres, antar-cawapres, maupun antar-pasangan calon seperti yang digelar pada Senin malam. Semua debat tersebut akan disiarkan langsung oleh beragam televisi swasta nasional.
Sementara itu menurut pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Tjipta Lesmana menilai, calon wakil presiden nomor urut 2 Jusuf Kalla menjadi bintang pada debat perdana kandidat capres dan cawapres Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Kalla dinilai menguasai semua pertanyaan yang diajukan moderator dan lawan debatnya.
“JK adalah bintang debat pertama capres kali ini. Ia menguasai permasalahan. Dia tahu isu,” ujar Tjipta, saat dihubungi, Senin (9/6/2014) malam.
Menurut dia, Kalla dapat menjawab dengan tegas dan meyakinkan setiap pertanyaan yang diajukan kepadanya. Jawaban yang diberikan Kalla, katanya, bukan sekadar jawaban normatif.
“Ia memberi contoh yang konkret,” kata dia.
Sementara itu, pasangan Kalla, Joko Widodo, dinilai Tjipta masih belum meyakinkan. Ia tak seperti tampil dalam debat yang disaksikan khalayak luas.
“Dia (Jokowi) tidak menguasai masalah. Sering kali hanya normatif saja,” ujarnya.
Adapun calon presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto, menurut Tjipta, terlihat tak percaya diri. Ia menilai, Prabowo tidak menguasai materi yang bersifat mikro.
“Itu terlihat dari kalo bicara ‘a.. a.. a..’,” kata Tjipta.
Sementara itu, Hatta Rajasa dinilainya sering kali memberi argumen dan penjelasan yang normatif.
Berikut ini video debat capres cawapres putaran pertama yang digelar tadi malam

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar