Jumat, 16 November 2012

Cowok jangan pangku laptop anda : Wi-Fi Ancam Kualitas sp3rma


Cordoba, Argentina, Koneksi internet tanpa kabel alias Wi-Fi memang lebih praktis karena memungkinkan seseorang untuk online di mana saja. Namun bagi kaum laki-laki, Wi-Fi memiliki efek samping yang tidak diharapkan yakni bisa merusak kualitas sp3rma.

Sebuah penelitian di Argentina menunjukkan, kualitas sp3rma yang terpapar sinyal Wi-Fi cenderung lebih buruk dibandingkan yang lain. Efek ini tidak ditemukan pada sp3rma yang berada di sekitar jaringan internet biasa, yang masih menggunakan kabel.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fertility and Sterility tersebut, para ilmuwan mengambil sampel sp3rma secara acak dari 29 laki-laki. Sebagian diletakkan di ruangan yang memiliki sinyal Wi-Fi, sebagian lagi dijauhkan dari jaringan internet.

Setelah dibiarkan selama 4 jam, sampel sp3rma tersebut lalu diperiksa dan dianalisa di laboratorium. Para ilmuwan menghitung sel sp3rma yang masih hidup pada masing-masing sampel sp3rma, lalu membandingkan tingkat kerusakan pada struktur DNA (Droxyribo Nucleic Acid).

Sebanyak 25 persen sp3rma yang terpapar sinyal Wi-Fi akhirnya mati, sedangkan sp3rma yang jauh dari koneksi internet hanya 14 persen saja yang mati. Demikian juga dengan struktur DNA, 9 persen sp3rma yang terpapar Wi-Fi rusak atau 3 kali lipat dibanding yang jauh dari koneksi internet.

Conrado Avendano, ilmuwan dari Nascentis Medicina Reproductiva yang melakukan penelitian itu menjelaskan bahwa penyebabnya adalah gelombang elektromagnet. Jaringan internet tanpa kabel memancarkan gelombang tersebut, yang kemudian merusak sp3rma laki-laki.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa komputer yang terhubungan dengan internet tanpa kabel bisa merusak sp3rma jika diletakkan dekat dengan organ reproduksi laki-laki," kata Avendano dalam laporannya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/11/2011).

Hubungan antara jaringan internet tanpa kabel dengan kualitas sp3rma sepertinya baru kali ini diteliti. Berbagai penelitian sebelumnya lebih banyak mengaitkan kerusakan sp3rma dengan panas yang dihasilkan oleh komputer itu sendiri, sehingga laki-laki tidak dianjurkan untuk memangku laptop.

[Image: wifi-ts-dalam.jpg]

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar