Jumat, 16 November 2012

Olahraga Yang Bisa DIlakukan Ditempat Tidur



[Image: maladlm.jpg]
Olahraga di pagi hari paling baik kalau dilajukan di luar ruangan, sembari menghirup udara yang segar. Namun bagi yang susah bangun, melakukan aktivitas fisik di atas tempat tidur tetap bermanfaat daripada tidak bergerak sama sekali.

Pada intinya, greakan-gerakan yang dilakukan di atas tempat tidur juga bertujuan agar tubuh segera merasa bugar sehingga bisa segera beranjak dari tempat tidur. Gerakan-gerakannya sangat sederhana, sehingga jadi tidak berguna kalau sesudahnya masih melanjutkan tidur lagi.

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan di atas tempat tidur antara lain sebagai beikut, seperti dikutip dari Ehow, Senin (16/7/2012).

1. Latihan lengan
Awali dengan latihan beban, menggunakan dumbel (pemberat) kecil di masing-masing lengan. Dalam posisi masih berbaring, angkat seperti sedang melatih otot biseps dan ulangi masing-masing sebanyak 10 kali. Setelah terasa lebih bugar, ambil posisi duduk dan ulangi gerakan yang sama.

2. Lakukan sit up
Setelah melakukan latihan pertama, tubuh boleh direbahkan lagi. Bukan untuk tidur lagi, melainkan untuk melakukan gerakan selanjutnya yakni sit-up. Kalau belum cukup bugar untuk melakukannya, jangan dipaksakan karena nanti malah kram. Ganti latihan otot perutnya dengan mengangkat kaki hingga bisa disentuh ujungnya.

3. Angkat badan
Masih dalam posisi berbaring, luruskan badan mulai dari leher hingga kedua kaki. Perlahan, kencangkan otot punggung, angkat perut ke atas lalu turunkan lagi. Lakukan lagi sebanyak 10 kali pengulangan.

4. Angkat kaki
Meski disebut gerakan angkat kaki, bukan berarti harus segera 'angkat kaki' alias pergi meninggalkan tempat tidur. Gerakan angkat kaki dilakukan sambil berbaring, kaki diluruskan lalu diangkat sambil dijaga posisinya tetap lurus hingga posisinya berada di atas kepala atau membentuk sikap lilin.

5. Peregangan
Dalam posisi berbaring, silangkan kaki kiri ke arah kanan dengan posisi badan tetap menghadap ke atas. Tangan kiri diluruskan, posisinya tetap menjauh dari badan ke arah kiri. Tahan posisi ini selama 20 detik, lalu ulangi untuk sisi sebaliknya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar