Kamis, 19 September 2013

Ciri-ciri Amuba (BIOLOGI KELAS X)

Ciri-ciri Amuba. Amuba, dalam arti kata sempit (genus), ditemukan di air tawar, biasanya pada vegetasi pembusukan dari sungai, tetapi tidak sangat umum di alam. Namun, karena kemudahan mereka yang dapat diperoleh dan disimpan di laboratorium, mereka adalah obyek umum dari penelitian, baik sebagai wakil protozoa dan untuk menunjukkan struktur dan fungsi sel. Sel-sel memiliki beberapa pseudopods lobose, dengan satu pseudopod tubular besar di yang sekunder anterior dan beberapa percabangan ke samping.
Pengertian Amuba
Amuba ditandai dengan adanya pseudopodia (kaki semu), yang digunakan dalam transportasi dan pencernaan. Mereka dapat mengelilingi protista kecil dan bakteri, di dekat sekitar mereka, dan enzim pencernaan mensekresikan ke dalam vakuola ini. Yang seperti selai tipis, adalah sitoplasma dibedakan menjadi tiga bagian, membran plasma luar, lapisan ectoplasmic kaku dalam membran plasma luar, dan endoplasm granular di tengah, yang berisi inti dan vakuola. Amuba menyerap oksigen dan air melintasi membran plasma keseluruhan.
Amuba yang populer dianggap bereproduksi secara aseksual dengan membelah diri menjadi dua bagian, mirip dengan pembelahan sel (mitosis diikuti sitokinesis) pada organisme eukariota multiseluler. Artinya, amuba asli terbagi menjadi dua sel. Untuk alasan ini, penulis Tom Robbins menyatakan, dalam kata pengantar bukunya Bahkan Cowgirls Dapatkan Blues, yang menarik dari amuba karena metode reproduksi mereka berarti bahwa amuba pertama masih hidup sampai hari ini. Namun, siklus hidup sebenarnya amuba adalah pada urutan beberapa hari hingga beberapa bulan atau mungkin satu tahun atau lebih. Misalnya, Taylor (1952) melaporkan bahwa siklus hidup Amoeba hugonis adalah dua bulan dan A. villosa mencapai dewasa dalam dua atau tiga bulan. Di sisi lain, M. Metcalf (1910) referensi yang terkenal A. proteus dapat memiliki siklus hidup satu tahun atau lebih.
Bagaimanapun, beberapa penelitian bahwa isi reproduksi seksual adalah bentuk dominan dari reproduksi garis keturunan amoeboid kuno dan bahwa tingkat aseksualitas dalam banyak garis keturunan yang berlebihan. Lahr et al. (2011) berpendapat bahwa bukti reproduksi seksual di beberapa garis keturunan amoeboid, ketika dipetakan ke pohon eukariot kehidupan, “menunjukkan bahwa mayoritas garis keturunan yang amoeboid, bertentangan dengan kepercayaan populer, zaman dahulu seksual, dan bahwa kelompok yang paling aseksual mungkin muncul baru-baru ini dan mandiri. ”
Selama kondisi buruk, amuba bisa memasuki tahap encysted sementara, sebagai hasil dari menghilangkan air dan menambahkan lapisan pelindung. Ada beberapa laporan reproduksi seksual, namun akun tersebut belum dikonfirmasi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar