Jumat, 27 September 2013

Karakteristik Batuan Perlapisan Bumi (GEOGRAFI KELAS X)



Karakteristik Batuan Perlapisan Bumi
Karakteristik Batuan Perlapisan Bumi - Dalam pembicaraan tentang kerak bumi telah diuraikan bahwa lapisan batubatuan sebagai pembentuk tubuh bumi.

Kini ada 3 jenis batuan utama di permukaan bumi, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorfosa. Setiap batuan terbentuk dengan cara yang berbeda.

1. Batuan Beku

Jauh di bawah permukaan bumi, panas begitu tinggi hingga sebagian batuan meleleh. Ketika mendingin, lelehan batu ini atau magma mengeras hingga menghasilkan batuan beku dalam, contoh batu granit. Ini dapat terjadi di bawah tanah. Magma yang dapat muncul ke permukaan bumi sebagai lava juga mendingin menjadi batuan beku luar, contoh batu basal.

2. Batuan Sedimen

Es, angin, dan air mengikis batu-batuan menjadi kerikil, pasir, dan partikel kecil yang disebut sedimen. Lapisan sedimen yang mengandung kerikil, pasir, tanah liat, dan rangka-rangka hewan terkubur dalam tanah dan tertekan sehingga lambat laun menjadi batuan keras yang disebut batuan sedimen/konglomerat.

3. Batuan Metamorfosa

Panas dan tekanan yang berada jauh di bawah tanah, memanggang dan menekan batuan sedimen dan batuan beku sehingga mineral di dalam batuan berubah. Contoh: batu gamping menjadi marmer batu sabak menjadi batu tulis; dan batu bara menjadi antrasit, grafit

Demikian susunan batu-batuan dari permukaan bumi sampai ke bagian inti bumi. Lihatlah gambar di bawah ini

Karakteristik Batuan Perlapisan Bumi
Lapisan Batuan

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar