Minggu, 29 September 2013

Membuat Peta Tematik secara Manual dari Peta Dasar (GEOGRAFI KELAS XII)



Membuat Peta Tematik secara Manual dari Peta Dasar
Membuat Peta Tematik secara Manual dari Peta Dasar - Teknik mengutip peta yang berasal dari peta dasar adalah salah satu keterampilan dasar untuk mengetahui keberadaan suatu wilayah berdasarkan fungsinya, seperti peta DAS, peta penggunaan lahan, peta aliran sungai, peta kemiringan lereng, dan lain-lain.

Peta dasar yang digunakan dalam teknik ini ialah peta fotografi atau rupa bumi. Semakin detail informasi yang ingin dicapai, maka skala peta yang dibutuhkan harus semakin besar, yaitu skala 1 : 25.000 atau yang lebih besar.

Perhatikan cara membuat peta tematik berikut ini.

Alat dan Bahan

Peta topografi atau rupa bumi, skala 1 : 25.000
Kertas transparan ukuran 50 cm x 50 cm
Spidol transparan ukuran F
Rotring dan kertas kalkir
Meja atau alas
Isolasi dan gunting
Kapas dan alkohol

Cara Kerja

– Letakkan peta topografi/ rupa bumi berskala 1 : 25.000 di atas meja atau alas yang telah disediakan.

– Tempelkan plastik transparan di atas peta tersebut.

– Agar tidak berubah posisi, letakkan plastik transparan terhadap peta dan tempelkan isolasi di setiap ujung plastik transparan terhadap peta.

– Siapkan spidol transparan untuk menggambarkan peta yang kita inginkan (peta DAS, peta penggunaan lahan, peta aliran sungai, peta kemiringan lereng, dan lain-lain) dari peta dasar yang telah ditempelkan.

– Buatlah pula legenda, garis tepi, skala, atau hal-hal yang berkenaan dengan kaidah-kaidah pembuatan peta disertai pula dengan nama pengutip dan sumber peta yang dituliskan di sebelah kanan peta.

– Apabila terdapat kesalahan ketika menggambarkan peta, dapat menggunakan kapas yang telah diolesi oleh alkohol yang berfungsi sebagai penghapus goresan-goresan spidol transparan tersebut.

– Apabila telah selesai menggambarkan peta yang kita inginkan, maka langkah selanjutnya ialah memindahkan atau menjiplaknya ke dalam kertas kalkir.

– Untuk memindahkan peta dari plastik transparan ke dalam kertas kalkir, gunakanlah rotring beserta perangkatnya.

Agar kamu mahir dalam menggambarkan (mengutip) peta ini, maka diperlukan latihan yang terus-menerus, karena keterampilan ini merupakan salah satu hal yang mendasar dalam praktik pemetaan.

Demikianlah Materi Membuat Peta Tematik secara Manual dari Peta Dasar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar