Rabu, 25 September 2013

SYARAT SYARAT PERUBAHAN SOSIAL DITERIMANYA MASYARAKAT (SOSIOLOGI KELAS XII)


Menurut kamu, apakah segala sesuatu agar dapat diterima harus memenuhi beberapa persyaratan? Tentu saja, misalnya saja pada saat kamu diterima sebagai siswa di sekolahmu. Pasti ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi, seperti menyerahkan ijazah, nilai kelulusan, mengikuti ujian masuk, dan sebagainya.
Begitu pula dengan perubahan sosial. Menurut Ayat Suryatna, agar dapat diterima oleh masyarakat secara luas, perubahan social harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Masyarakat harus merasa butuh dengan perubahan, serta ada kesadaran bersama bahwa kehidupan saat ini sudah tidak cocok lagi, mengingat pergeseran waktu telah berdampak pada perubahan lingkungan. Akibatnya kebudayaan masyarakat masa lampau tidak mungkin lagi dapat diterapkan dalam kehidupan saat ini atau bahkan kebudayaan yang tengah berlangsung saat ini harus dipersiapkan untuk menciptakan kebudayaan masyarakat mendatang.
2. Perubahan yang disebabkan terjadinya inovasi harus dapat dipahami dan dikuasai oleh anggota masyarakat lainnya. Inovasi itu harus bermanfaat bagi kehidupan bersama pada waktu mendatang. Seperti dapat kita contohkan dalam menjelaskan pentingnya inovasi melalui pembangunan.
3. Perubahan itu harus dapat diajarkan. Hal ini mengingat inovasi adalah suatu konfigurasi mental atau adanya perubahan dalam tatanan sistem berpikir seseorang. Konfigurasi mental tersebut akan menghasilkan perilaku dan hasil perilaku itu di antaranya dalam bentuk benda-benda.
4. Perubahan itu harus menggambarkan keuntungan masyarakat pada masa yang akan datang. Perubahan yang dilakukan oleh inovator-inovator harus senantiasa didasarkan pada fakta yang diambil dari kondisi saat ini dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan manusia yang lebih baik.
5. Perubahan tidak merusak prestise pribadi atau golongan. Seorang pembaru yang berhasil adalah mereka yang memiliki tidak hanya sekadar kecerdasan, tetapi juga peluang. Ia juga harus memiliki kepribadian yang fleksibel, sehingga dapat menghargai orang lain.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar