Minggu, 22 September 2013

Pengertian Massa (FISIKA KELAS X)

Pengertian Massa. Massa, dalam fisika, menyatakan kuantitas materi dalam tubuh terlepas dari volume atau setiap gaya yang bekerja padanya. Istilah tidak harus bingung dengan berat badan, yang merupakan ukuran gaya gravitasi yang bekerja pada tubuh. Dalam kondisi massa tubuh biasa dapat dianggap konstan, tetapi, berat, tidak konstan, karena gaya gravitasi bervariasi dari satu tempat ke tempat.
Ada dua cara yang mengacu massa, tergantung pada hukum fisika yang mendefinisikannya: ada massa gravitasi dan massa inersia. Massa gravitasi tubuh dapat ditentukan dengan membandingkan tubuh pada balok keseimbangan dengan satu set massa standar; dengan cara ini faktor gravitasi dihilangkan. Massa inersia tubuh adalah ukuran resistensi tubuh terhadap percepatan oleh beberapa kekuatan eksternal. Satu tubuh memiliki dua kali lebih banyak massa inersia dari tubuh yang lain jika ia mendapatkan dua kali lipat kekuatan bertentangan dengan percepatan yang sama. Semua bukti tampaknya menunjukkan bahwa massa gravitasi dan inersia tubuh adalah sama, sebagaimana yang dituntut oleh prinsip kesetaraan relativitas Einstein, sehingga di lokasi yang sama sama (inersia) massa memiliki bobot yang sama. Karena nilai numerik untuk massa tubuh adalah sama di mana saja di dunia, digunakan sebagai dasar acuan bagi banyak pengukuran fisik, seperti densitas dan kapasitas panas.
Menurut teori relativitas khusus, massa tidak sepenuhnya konstan tetapi meningkat dengan kecepatan sesuai dengan rumus m = m0/1 – v2 / c2, dimana m0 adalah massa seluruh tubuh, v adalah kecepatan , dan c adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Peningkatan massa, tidak menjadi cukup sampai kecepatan yang sangat besar tercapai. Seluruh massa tubuh adalah massa pada kecepatan nol. Teori relativitas khusus juga mengarah hubungan Einstein antara massa-energi, E = mc2, di mana E adalah energi, dan m dan c adalah masing-masing massa (relativistik) dan kecepatan cahaya. Karena kesetaraan massa dan energi, hukum kekekalan energi diperluas untuk menyertakan massa dan bentuk energi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar