Kamis, 19 September 2013

Struktur sel Eukariotik (BIOLOGI KELAS X)

Struktur sel Eukariotik. Membran sel eukariotik adalah lapisan selektif permeabel yang memisahkan sel dari dunia luar. Membran harus melindungi bagian dalam sel dan namun memungkinkan molekul dan nutrisi tertentu melaluinya. Perbedaan antara sel eukariotik dan prokariotik adalah bahwa sel-sel eukariotik memiliki berbagai organel dalam yang secara tradisional dikaitkan dengan organisme yang lebih kompleks. Tanaman, ganggang dan jenis lain sel memiliki dinding sel selain membran dalam rangka memberikan dukungan struktural lebih lanjut.
Struktur sel Eukariotik

Lipid

Semua kehidupan di Bumi tergantung pada karbon, yang merupakan dasar untuk makromolekul besar protein, lipid dan karbohidrat. Lipid, dimana lemak merupakan anggotanya, adalah sebuah blok bangunan yang sangat baik untuk membran sel karena mereka tidak larut air dan dapat melindungi bagian dalam sel. Lipid adalah hidrokarbon nonpolar. Ini berarti bahwa mereka terdiri dari rantai panjang hidrogen dan karbon yang berbagi elektron yang sama, memastikan bahwa tidak ada muatan listrik.

Fosfolipid

Fosfolipid adalah komponen yang paling berlimpah dari membran sel. Mereka memiliki kepala hidrofilik terdiri dari gugus fosfat yang menarik air tapi dua ekor hidrofobik yang menolak air. Satu ekor lemak jenuh (ikatan tunggal saja) dan yang lainnya adalah lemak tak jenuh (setidaknya satu ikatan rangkap).

Membran sel

Gabungan Fosfolipid bersama menjadi lipid bilayer. Ekor Asam lemak meringkuk terhadap satu sama lain, sedangkan titik kepala hidrofilik dalam arah yang berlawanan, satu arah menuju dalam dan satu menuju luar sel. Namun, lapisan ini sangat cair karena gerak konstituennya. Fosfolipid cenderung melayang ke samping, berputar pada sumbunya dan melenturkan ekor mereka, sehingga mereka tidak dikemas bersama dalam lapisan padat.

Protein

Karena ikatan hidrogen dan interaksi lemah lainnya, fosfolipid berinteraksi baik dengan protein, banyak yang span atau tertanam dalam bilayer. Protein reseptor dapat mengikat molekul sinyal seperti neurotransmiter dan hormon. Protein Komunikasi dapat berkomunikasi dengan sel lain. Pengenalan protein dapat mengidentifikasi apakah setiap sel termasuk tubuh / jaringan atau tidak. Protein perekat membantu sel menempel satu sama lain. Transporter pasif adalah saluran melintasi membran. Mereka memungkinkan zat terlarut untuk masuk ke dalam konsentrasi yang lebih rendah dan dapat membuka atau menutup secara terkendali. Pasif mengangkut pompa zat terlarut dalam bidang konsentrasi yang lebih besar, yang membutuhkan energi output.

Dinding sel

Bakteri, ganggang, jamur dan tanaman mungkin memiliki dinding sel tambahan, yang bervariasi dalam struktur tergantung pada tipe sel dan tahap perkembangan. Dinding sel tumbuhan mengandung karbohidrat keras yang dikenal sebagai selulosa. Dinding fleksibel namun dapat memperoleh kekakuan akibat tekanan tambahan. Mereka masih cukup permeabel untuk memungkinkan masuknya makromolekul.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar