Jumat, 20 September 2013

Anatomi Sel Prokariotik dan Eukariotik (BIOLOGI KELAS X)


Anatomi Sel Prokariotik dan Eukariotik. Sel merupakan komponen fundamental dari definisi modern kita tentang hidup dan makhluk hidup. Sel dianggap sebagai blok bangunan dasar kehidupan dan digunakan dalam definisi sulit dipahami tentang apa yang dimaksud dengan ‘hidup’.
Mari kita lihat satu definisi kehidupan:
“Makhluk hidup adalah organisasi kimia terdiri dari sel dan mampu mereproduksi dirinya sendiri. (Keeton 1986, 85)”
Definisi ini berakar pada dua teori, teori sel dan teori biogenesis. Teori sel, pertama kali diusulkan pada 1830-an oleh dua ilmuwan Jerman Matthias Jakob Schleiden dan Theodor Schwann, menyatakan bahwa semua makhluk hidup terdiri dari sel. Teori biogenesis, yang diusulkan pada tahun 1858 oleh Rudolf Virchow menyatakan bahwa semua sel hidup timbul dari sel yang ada (hidup) dan tidak ada sel diciptakan secara spontan dari materi tak hidup (Keeton 1986, 84).

Fungsi Sel

Sel mengatur segala sesuatu. Mereka menjaga proses kimia rapi dan sudah terkotak proses sel sehingga yang satu tidak mengganggu yang lainnya dan sel dapat menjalani usaha dari metabolisme, reproduksi, dll. Untuk mengatur hal-hal tersebut, komponen sel tertutup dalam membran yang berfungsi sebagai pembatas antara dunia luar dan kimia internal sel. Membran sel adalah penghalang selektif, artinya memungkinkan beberapa bahan kimia dan lain-lain di luar dan dengan berbuat demikian mempertahankan keseimbangan yang diperlukan untuk sel hidup.

Dua Jenis Sel Fundamental

Semua organisme hidup dapat diurutkan ke dalam salah satu dari dua kelompok tergantung pada struktur dasar dari sel mereka. Kedua kelompok adalah prokariota dan eukariota. Prokariota adalah organisme yang terdiri dari sel-sel yang tidak memiliki inti sel atau organel terbungkus membran. Eukariota adalah organisme yang terdiri dari sel-sel yang memiliki inti yang terikat membran (yang memegang materi genetik) serta organel terikat-membran.

Anatomi Sebuah Sel Prokariotik

Sebuah sel prokariotik yang khas mungkin berisi bagian-bagian berikut:
dinding sel
membran plasma
sitoplasma
flagella dan pili
nucleoid
plasmid

Anatomi Seluler eukariotik

Sebuah sel eukariotik bisa mengandung bagian-bagian berikut:
membran plasma
nucleolus
inti
kromosom
rhibosom
gelembung
retikulum endoplasma
golgi aparatus
sitoskeleton
sitoplasma
lisosom
sentriol
mitokondria

Membran Sel

Membran sel mengatur penyeberangan bahan kimia masuk dan keluar dari sel dalam beberapa cara: dengan difusi (kecenderungan molekul zat terlarut untuk meminimalkan konsentrasi dan dengan demikian bergerak dari daerah konsentrasi tinggi menuju daerah konsentrasi rendah sampai menyeimbangkan konsentrasi), osmosis (pergerakan pelarut melintasi batas selektif dalam rangka untuk menyamakan konsentrasi zat terlarut yang tidak dapat bergerak melintasi batas), dan transportasi selektif (melalui saluran membran dan pompa membran).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar