Sabtu, 21 September 2013

Apa 6 Fase Pembelahan sel mitosis (BIOLOGI KELAS XII)

Apa 6 Fase Pembelahan sel mitosis. Pembelahan sel atau mitosis adalah proses dimana satu sel menghasilkan dua sel anak yang identik. Proses ini memungkinkan organisme multiseluler untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan untuk tumbuh. Meskipun interfase, ketika sel sedang mempersiapkan mitosis dengan menciptakan tempat nukleolus atau titik gelap dan sentriol (lokasi organisasional untuk mikrotubulus), kadang-kadang termasuk dalam pembahasan mitosis, itu sebenarnya bagian dari siklus sel dan bukan bagian dari proses pembelahan sel . Keenam tahapan pembelahan sel yang sebenarnya disebut fase.
Enam Fase Pembelahan sel mitosis
Enam Fase Pembelahan sel mitosis

Profase

Pada profase, tahap pertama mitosis, kromatin (sebuah tepat, kompak, padat seperti tali serat mengandung DNA dan protein) memadat menjadi kromosom, yang masing-masing telah direplikasi internal menjadi dua anak kromosom yang terhubung pada sentromer. Juga selama profase, tempat gelap atau nukleolus menghilang (seperti halnya membran inti) karena sentriol (organel hanya ditemukan pada sel hewan terdiri dari sembilan bundel mikrotubulus) pindah ke sisi berlawanan dari sel. Di mitosis spindle atau aparatus spindle terbentuk oleh beberapa serat ini muncul dari sentromer, bagian tengah kromosom.

Prometaphase

Sebelum prometaphase, membran inti larut, selama prometaphase, kinetochores (protein yang menempel pada sentromer dari kromosom) berkembang. Kromosom mulai bergerak menuju pusat sel setelah mikrotubulus (untai berongga protein) menempel di kinetochores.

Metafase

Metafase terjadi ketika metaplate yang dibentuk oleh serat spindle dari aparatus spindle yang menyelaraskan kromosom di sepanjang pusat inti sel. Keselarasan ini memastikan bahwa ketika kromosom dipisahkan dalam anafase, setiap inti baru akan menerima satu pasangan dari setiap pasangan kromosom. Pada bagian terakhir dari tahap metafase, kromosom terpisah menjadi kromosom anak disebut kromatid, yang dua kali lipat jumlah kromosom.

Anafase

Selama anafase, pembelahan sel yang sebenarnya dimulai ketika yang baru terbentuk kromosom berjalan menuju kutub yang berlawanan dari poros. Gerakan ini berasal dari interaksi fisik kutub mikrotubulus ‘dan pergerakan kinetokor sepanjang mikrotubulus spindle.

Telofase

Selama telofase, kromosom mencapai kutub yang berlawanan dari sel dan kembali ke kromatin, pada masing-masing tiang spindle, membran nuklir baru dan nukleolus (struktur yang menghasilkan subunit ribosom yang mengandung RNA dan protein), muncul kembali, menciptakan dua inti baru. Aparatus gelendong larut, dan pemisahan sel dapat dimulai.

Sitokinesis

sitokinesis, atau memisahkan dari dua sel anak, pada sel hewan terjadi ketika cincin serat yang mengandung protein yang disebut aktin, yang terletak di tengah sel, mengikat, menarik membran sel untuk itu, dan kemudian memeras dua inti terpisah. Karena dinding sel sangat kaku dalam sel tumbuhan, sitokinesis dalam sel tanaman terjadi ketika piring sel mengambil tempat metaplate dan tumbuh antara dua sel baru. Pelat ini menjadi membran yang menanamkan dirinya ke dalam dinding sel di setiap sel anak.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar