Sabtu, 21 September 2013

Bagaimana Membedakan Purin dan pirimidin (BIOLOGI KELAS XII)

Bagaimana Membedakan Purin dan pirimidin. Purin dan pirimidin adalah senyawa organik yang memenuhi peran penting dalam kimia kehidupan. Purin dan pirimidin yang paling penting adalah nukleobasa, sitosin, guanin, adenin, timin dan urasil. Urutan yang berbeda dari pangkalan ini ada di DNA dan RNA polimer yang digunakan oleh sel untuk menyimpan informasi genetik. Nukleobasa juga memainkan peranan penting dalam respirasi sel dan metabolisme. Tidak semua purin dan pirimidin merupakan nukleobasa, namun, berbagai senyawa organik penting lainnya juga purin atau pirimidin, termasuk asam urat dan kafein. Cara termudah untuk memberitahu purin dan pirimidin terpisah adalah dengan melihat struktur formula.
Rumus molekul untuk senyawa mungkin tidak segera mengidentifikasi sebagai purin atau pirimidin, asam urat mengandung kafein dan tentu saja mempunyai rumus molekul yang berbeda dan sifat. Untuk menentukan apakah suatu senyawa adalah purin atau pirimidin, selalu mencari atau menggambar struktur formula pertama.

  1. Purin dan pirimidin merupakan senyawa aromatik, yang berarti bahwa mereka berpusat di sekitar yang stabil yang mengandung karbon cincin, semua atom terletak dalam cincin pada bidang yang sama. Jika senyawa Anda tidak memiliki struktur cincin, itu bukan purin atau pirimidin.
  2. Purin terdiri dari dua cincin menyatu, sedangkan pirimidin hanya memiliki satu. Cincin pirimidin adalah segi enam dengan enam atom, dua di antaranya adalah nitrogen, sedangkan nitrogen terletak pada posisi 1 dan 3 (penghitungan berlawanan dari atom di bagian bawah cincin). Purin A memiliki cincin pirimidin yang menyatu dengan cincin imidazol, yang lebih kecil, cincin berbentuk segi lima yang hanya memiliki lima atom dengan nitrogen pada posisi 1 dan 3.
  3. Dasar-dasar DNA dan RNA merupakan mudah diingat, sehingga Anda mungkin bahkan tidak perlu melihat struktur mereka untuk mengklasifikasikan mereka sebagai purin atau pirimidin. Adenin dan guanin merupakan purin, sedangkan sitosin, timin dan urasil merupakan pirimidin.
  4. Sitosin dan guanin dapat membentuk tiga ikatan hidrogen dengan satu sama lain, sementara adenin dan timin dapat terbentuk hanya dua. Sifat ini penting untuk pasangan basa dalam DNA.
Guanin
Guanin
Sitosin
Sitosin

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar