Sabtu, 21 September 2013

Apa saja Komponen Darah Manusia? (BIOLOGI KELAS XI)

Apa saja Komponen Darah Manusia? Darah adalah cairan yang menopang kehidupan. Komponen darah termasuk sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma. Beberapa sel darah membawa oksigen (yang diperlukan untuk reaksi metabolik), beberapa sel darah melawan menyerang zat yang dapat merusak sel-sel Anda, dan sel darah lainnya membantu untuk membentuk bekuan, yang menjaga tubuh Anda dari kehilangan terlalu banyak darah.
Bagian cairan darah membawa nutrisi yang dibutuhkan untuk bahan bakar setiap sel dalam tubuh. Hal ini juga angkutan sampah yang harus diangkut ke sistem ekskretoris akan melewati keluar dari tubuh dan karbon dioksida yang perlu diangkut ke paru-paru untuk dihembuskan.

Sel darah merah

Sel-sel darah merah, yang juga disebut eritrosit (erythro berarti merah, cytes = sel) memiliki tanggung jawab penting membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin ada dalam sel darah merah. Hemoglobin tidak hanya mengikat oksigen dan transport ke kapiler, tetapi juga membantu untuk mengangkut karbon dioksida dari belakang kapiler ke paru-paru untuk mengembuskan napas.
Dengan mengangkut oksigen dan hemoglobin, darah merupakan bagian yang sangat penting dari homeostasis – sebuah proses konglomerasi yang memungkinkan tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu eksternal dan kadar hormon. Tapi, banyak proses yang terjadi untuk membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan tidak bisa terjadi tanpa darah mengangkut hormon tertentu, nutrisi, oksigen, atau elektrolit.
Jika seseorang memiliki terlalu sedikit sel darah merah, sebagaimana ditentukan oleh jumlah sel darah merah, atau jika tidak ada cukup hemoglobin dalam sel darah merah, ia didiagnosis dengan anemia. Karena hemoglobin membawa oksigen, anemia sering menyebabkan orang untuk merasa lelah.
Anemia dapat disebabkan oleh salah satu dari berikut:
kekurangan zat gizi
gangguan metabolisme
kondisi herediter
Sumsum tulang Rusak
Sel darah merah dibuat pada sumsum tulang merah. Mereka hidup sekitar 120 hari shuttling oksigen dan karbon dioksida, dan kemudian sel-sel darah putih tertentu menghancurkan mereka di hati dan limpa. Ketika sel-sel darah merah dihancurkan, mereka mengandung besi didaur ulang kembali ke sumsum tulang merah untuk digunakan dalam sel-sel baru. Sisa material dalam sel darah merah tua terdegradasi dan diangkut ke sistem pencernaan, di mana banyak yang berakhir di tinja.

Sel darah putih

Sel-sel darah putih, yang juga disebut leukosit (Leuko = putih), yang terlibat dalam fungsi yang dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bertanggung jawab untuk memerangi infeksi. Jika seseorang memiliki rendah jumlah sel darah putih, itu berarti bahwa sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Jika jumlah sel darah putih terlalu tinggi, ini menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki beberapa jenis infeksi.
Ada lima jenis penting dari sel darah putih:
Basofil melepaskan histamin. Histamines adalah mereka yang mengganggu molekul kimia kecil yang menyebabkan Anda membengkak bersama gatal-gatal,  bersin, dan berlinang air mata ketika Anda berada di sekitar sesuatu yang membuat Anda alergi. Semua dari reaksi-reaksi menyebabkan peradangan, yang memerlukan bantuan kuat sel darah putih. mulai Bersin dan mata berair adalah reaksi fisiologis untuk membantu menyiram alergen yang melanggar dari selaput lendir Anda.
Eosinofil “makan” sel-sel lain. Istilah teknis untuk pemakan sel adalah fagositosis, sehingga eosinofil dikatakan phagocytize kompleks yang terbentuk antara antigen (pelaku menyerang) dan antibodi (sebuah defender ).
Limfosit membunuh sel-sel yang mengandung virus. Limfosit memindai tubuh mencari virus. Ada dua jenis limfosit: sel B dan sel T. Sel T adalah jenis pemburu virus diukur pada orang dengan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Jika jumlah sel-T menurun, ini menunjukkan bahwa human immunodeficiency virus penyebab AIDS adalah memenangkan pertarungan dalam tubuh orang yang terinfeksi.
Monosit merupakan prekursor makrofag, yang berarti “pemakan besar.” Makrofag bakteri mencerna dan virus.
Neutrofil adalah sel darah putih yang paling berlimpah di dalam tubuh. Sel-sel bakteri phagocytize, dan dengan demikian menjaga sistem Anda dari yang dikuasai oleh setiap kuman bersama yang terjadi kontak.

Trombosit

Trombosit adalah bagian sel yang bekerja untuk membentuk bekuan darah. Mereka bekerja untuk menjaga tubuh Anda dari kehilangan terlalu banyak darah saat Anda mempertahankan cedera dan membantu dalam penyembuhan luka.

Plasma

Ketika darah dimasukkan ke dalam tabung reaksi dan berputar dalam centrifuge, sel-sel darah dan trombosit tertarik ke bagian bawah tabung, dan plasma adalah lapisan yang jelas di atas. Pikirkan aksi di dalam pembuluh darah, bayangkan plasma sebagai sungai dan sel-sel darah dan trombosit sebagai daun mengambang di dalamnya. Plasma adalah “aliran” dalam aliran darah. Plasma mengandung banyak protein penting, tanpa mereka Anda akan mati.
Dua protein utama yang terkandung dalam plasma adalah:
Gamma globulin (juga disebut immunoglobulin): Gamma globulin adalah istilah yang luas untuk kelas protein yang membentuk berbagai jenis antibodi. Produksi antibodi, yang membantu untuk melawan infeksi, dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh.
Fibrinogen: Fibrinogen adalah protein yang terlibat dalam pembekuan darah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar