Sabtu, 21 September 2013

Bagaimana Antibiotik Membunuh Bakteri (BIOLOGI KELAS XI)

Bagaimana Antibiotik Membunuh Bakteri. Hampir semua orang telah mengambil antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, tetapi tidak banyak dari kita benar-benar tahu bagaimana antibiotik membunuh bakteri. Artikel ini menyoroti pada berbagai jenis antibiotik dan bagaimana mereka bekerja dalam membunuh bakteri.
Antibiotik adalah obat-obat terapi, diformulasikan untuk menghambat pertumbuhan bakteri atau membunuh mereka secara langsung tanpa menyebabkan efek berbahaya bagi tubuh. Mereka termasuk dalam daftar obat antimikroba dan pengobatan, bersama yang lainnya seperti obat antijamur dan antivirus. Seperti namanya menunjukkan, antibiotik eksklusif target strain bakteri, sedangkan obat-obatan antijamur dan antivirus bekerja melawan jamur dan virus masing-masing. Tapi, sebenarnya bagaimana antibiotik membunuh bakteri? Beragam jenis antibiotik kerja yang berbeda dan membunuh strain bakteri selektif, yang akan kita bahas dalam artikel ini.
Antibiotik pertama ‘penisilin’ ditemukan pada tahun 1928 dari spesies jamur Penicillium oleh pemenang Nobel Sir Alexander Flemming. Namun, kata ‘antibiotik’ diusulkan pada tahun 1942 oleh Selman Waksman Abraham, ahli biokimia Amerika dan mikrobiologi, saat melakukan pekerjaan penelitian dalam zat organik. Ia juga ilmuwan terkemuka, yang menemukan streptomisin dan beberapa antibiotik lainnya. Kemajuan lebih lanjut dalam kimia obat menyebabkan ekstraksi senyawa antibiotik dari mikroorganisme hidup serta bahan sintetis.
Akan datang ke bahan pembicaraan kami, ‘bagaimana antibiotik melawan infeksi dengan membunuh bakteri’, corak mengobati infeksi bakteri bervariasi sesuai dengan kelas tertentu antibiotik diambil untuk tujuan tersebut. Berdasarkan formulasi obat dan cara memerangi bakteri, ada dua jenis antibiotik – bakteriostatik dan bakterisida. Informasi lengkap mengenai bagaimana kedua antibiotik membunuh bakteri dijelaskan di bawah ini:

Antibiotik bakteriostatik

Seperti namanya berarti, antibiotik bakteriostatik menghambat pertumbuhan bakteri, bukan membunuh mereka secara langsung. Karena bakteri patogen ditekan, sistem kekebalan tubuh dapat dengan mudah memerangi infeksi. Mekanisme kerja antibiotik bakteriostatik adalah untuk mengganggu sintesis protein pada bakteri penyebab penyakit. Contoh antibiotik bakteriostatik populer diresepkan adalah spektinomisin (mengobati gonore), tetrasiklin (umumnya digunakan untuk infeksi), kloramfenikol (untuk semua jenis infeksi bakteri) dan makrolida (efektif terhadap bakteri gram positif).

Antibiotik bakterisida

ini berlawanan dengan jenis bakteriostatik, bakterisida (atau bacteriocide) antibiotik mengandung senyawa aktif yang secara langsung membunuh bakteri. Mereka menargetkan dinding sel luar, membran sel dalam dan jalur kimia penting dari strain bakteri, yang sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka di dalam tubuh. Contoh umum antibiotik bakterisida adalah penisilin (menyerang dinding sel luar), polymyxins (membran sel target) dan kuinolon (mengganggu jalur enzim). Beberapa zat bacteriocidal digunakan sebagai disinfektan, sterilisasi dan antiseptik.

Sasaran Antibiotik Spesifisitas

Beberapa efektif untuk melawan banyak bakteri, sementara yang lain digunakan untuk membunuh kelompok tertentu. Dengan demikian, selain klasifikasi menurut modus tindakan, antibiotik juga diklasifikasikan berdasarkan target kekhususan mereka. Mengingat ini, dua kelompok antibiotik jenis spektrum luas dan sempit-spektrum jenis. Yang pertama adalah efektif untuk membunuh berbagai jenis bakteri patogen (misalnya tetracycline, tigecycline dan kloramfenikol). Sedangkan antibiotik spektrum sempit (misalnya oxazolidinones dan glycylcyclines) direkomendasikan untuk mengobati kelas tertentu bakteri penyebab penyakit.

Apa Penyebab Resistensi Antibiotik?

Penggunaan jangka panjang antibiotik atau berlebihan yang sama pada meningkatnya dosis menyebabkan resistensi antibiotik. Hasilnya adalah perkembangan bakteri resisten antibiotik. Seringkali, kita berakhir dengan pemberian antibiotik untuk setiap wabah infeksi, terlepas dari organisme yang bertanggung jawab untuk gejala. Contoh yang paling umum adalah mengambil antibiotik untuk infeksi virus. Dalam kasus tersebut, antibiotik membunuh bakteri yang tertelan berguna dan menyebabkan penurunan populasi bakteri probiotik.
Sebagai konsekuensi dari terlalu sering menggunakan antibiotik, mikroba penyerang lainnya seperti virus dan jamur mendapatkan akses mudah ke tubuh dan menyebabkan gejala infeksi. Mari kita mengambil contoh, orang-orang yang telah melalui pengobatan antibiotik memiliki peningkatan risiko kandidiasis atau ragi infeksi. Cara mujarab untuk menghindari kejadian semacam itu adalah untuk mengelola antibiotik hanya di bawah pengawasan dokter terpercaya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar