Jumat, 20 September 2013

Gambar Skema Siklus Menstruasi (BIOLOGI KELAS XI)

Gambar Skema Siklus Menstruasi. Siklus menstruasi adalah istilah yang benar untuk siklus (biasanya bulanan) di mana tubuh wanita melepaskan sel telur, mempersiapkan diri untuk pembuahan telur oleh sperma dan menciptakan lingkungan di dalam rahim di mana telur yang telah dibuahi bisa menanamkan dan membentuk pengembangan embrio (bayi). Jika telur tidak dibuahi, lapisan rahim akan terlepas dari tubuh dalam apa yang dikenal sebagai ‘haid’ wanita.
Perempuan mulai memiliki periode mereka (menstruasi) sekitar usia 13, biasanya sekitar 2 tahun setelah payudara pertama kali mulai berkembang, dan akan terus mengalami haid sampai menopause, yang terjadi, rata-rata, sekitar usia 51.
Panjang siklus menstruasi dapat bervariasi dari siklus pendek hanya 21 hari sampai siklus panjang dari 40 hari. Panjang siklus dihitung dengan menghitung hari pertama perdarahan sebagai hari 1 dan kemudian menghitung sampai hari terakhir sebelum perdarahan berikutnya (periode). Panjang siklus menstruasi umumnya digambarkan sebagai 28 hari, meskipun ini mungkin benar hanya untuk satu dari 10 wanita.
Gambar Skema Siklus Menstruasi
Gambar Skema Siklus Menstruasi

Menstruasi (perdarahan atau haid)

Hal ini biasanya berlangsung dari hari 1 sampai hari 5. Selama fase ini, jika pembuahan telur belum terjadi, lapisan rahim atau rahim, yang disebut endometrium, berasal dari dinding rahim dan darah dan jaringan pingsan melalui vagina. Kebanyakan wanita berdarah antara 3 sampai 5 hari. Lapisan endometrium akan berakhir sekitar 1 mm tebal pada akhir haid. Serta hilangnya jaringan endometrium, sekitar 35 sampai 50 ml darah yang hilang dari pembuluh darah endometrium rusak dalam jangka waktu tipikal. Darah ini biasanya tidak menggumpal kecuali perdarahan sangat berat.

Fase folikuler

Fase ini dinamakan demikian karena itu adalah ketika folikel dalam ovarium tumbuh dan membentuk telur. Sekitar 3 sampai 30 folikel tumbuh antara hari ke-8 dan 10. Setiap folikel mengandung telur, tapi hari ke-10 sampai 14 satu folikel telah menggantikan sisa dan telah mencapai tahap kematangan yang tepat.
Selama hari-hari ke-6 sampai 14, dinding rahim tersebut diperbaiki dan, seperti dapat dilihat pada diagram, terbentuk lebih tebal. Inilah sebabnya mengapa tahap ini juga dikenal sebagai fase proliferasi. Ini dirangsang oleh estrogen disekresikan dari ovarium. Lapisan rahim sekarang akan menjadi sekitar 3 mm dan juga lebih seperti beludru lagi.

Ovulasi

Sebuah lonjakan hormon luteinising terjadi kira-kira tepat sebelum hari ke-14 dalam siklus 28 hari. Gelombang ini merangsang folikel yang matang di salah satu ovarium untuk melepaskan telurnya (ovulasi) 16 hingga 32 jam kemudian. Folikel lainnya kelebihan-matang dan hancur. Estrogen juga puncak lonjakan pada saat ini. Beberapa wanita bisa merasakan sakit pada salah satu sisi perut sekitar waktu telur dilepaskan. Hal ini dikenal sebagai ‘mittelschmerz’ – sebuah kata Jerman menerjemahkan sebagai ‘nyeri tengah’. Telur dilepaskan dari ovarium kanan atau kiri secara acak dan memakan waktu sekitar 5 hari sampai perjalanan menuruni tuba falopi menuju rahim.

Luteal atau fase sekretori

Fase ini mengikuti ovulasi dan berlangsung dari sekitar hari 15 sampai hari ke-28. Setelah pecah folikel karena melepaskan telurnya, menutup dan membentuk korpus luteum. Korpus luteum mengeluarkan lebih banyak progesteron, yang bekerja pada kelenjar di endometrium dan menyebabkan mereka untuk membuat sebuah sekresi. Tujuan dari sekresi ini adalah untuk memberi makan embrio selama beberapa hari sampai plasenta telah terbentuk. Bahkan jika telur tidak dibuahi dan kehamilan tidak terjadi, sekresi ini masih diproduksi.
Progesteron disekresikan oleh korpus luteum menyebabkan suhu tubuh naik sedikit sampai awal periode berikutnya (lihat diagram). Kenaikan suhu dapat diplot pada grafik dan memberikan indikasi kapan ovulasi telah terjadi.
Jika wanita tidak hamil korpus luteum berlangsung sekitar 14 hari dan kemudian mulai rusak. Ini terjadi ketika produksi progesteron cepat turun dan tingkat estrogen menurun. Kurangnya hormon menyebabkan pembuluh darah di endometrium dapat menjadi kejang dan mereka memotong suplai darah ke lapisan atas endometrium. Tanpa oksigen dan nutrisi dari darah, sel-sel endometrium mulai mati, jaringan rusak dan ada perdarahan dari pembuluh darah yang rusak dan jadi ini adalah bagaimana siklus menstruasi baru dimulai pada sekitar hari ke 28.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar