Jumat, 20 September 2013

Lima Sistem Organ Utama Tubuh Manusia (BIOLOGI KELAS XI)

Lima Sistem Organ Utama Tubuh Manusia. Ada 11 sistem organ utama dalam tubuh manusia. Untuk artikel ini, ada gambaran umum untuk lima dari sistem organ. Masing-masing berisi setidaknya satu organ vital dan struktur lain yang penting untuk fungsi tubuh yang sehat. Sistem saraf adalah sistem komando utama yang mengarahkan fungsi untuk semua sistem lainnya. Namun, tanpa berfungsinya sistem kardiovaskular dan sistem pernapasan, sistem saraf dapat dimatikan dalam waktu singkat.
Sistem Saraf
Sistem saraf mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk mengontrol fungsi dan gerakan. Ini terdiri dari otak, sumsum tulang belakang dan sistem saraf perifer. Ini mengarahkan respon cepat terhadap rangsangan, seperti refleks otomatis. Sistem saraf bekerja sama dengan sistem endokrin untuk mengontrol metabolisme dan fungsi tubuh lainnya.
Sistem endokrin
Sedangkan sistem saraf sebagian besar bergantung pada sinyal-sinyal listrik untuk pesan, sistem endokrin menggunakan kurir kimia. Ini mengeluarkan hormon ke dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Keseimbangan air, pertumbuhan tubuh dan respon terhadap stres adalah beberapa kegiatan yang diatur oleh sistem endokrin. Kelenjar yang mengeluarkan hormon termasuk hipofisis, tiroid, adrenal, pankreas dan hipotalamus.
Sistem kardiovaskular
Sistem kardiovaskular kadang-kadang disebut sebagai sistem peredaran darah. Ini berisi jantung, pembuluh darah dan darah. Darah mengangkut nutrisi, hormon, gas dan produk limbah dengan menggunakan pembuluh darah. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan menjaga tekanan darah. Arteri memompa darah dari jantung, dan urat darah kembali ke jantung.
Sistem Pernapasan
Sistem pernapasan berisi rongga hidung, tenggorokan dan paru-paru daerah. Faring dibagi dengan saluran pencernaan. Air bergerak dari faring ke laring, yang melindungi pembukaan ke trakea. Trakea adalah lorong utama ke paru-paru. Ini bertindak sebagai filter udara. Di dalam paru-paru, oksigen diambil dari udara, dan karbon dioksida yang dihembuskan sebagai produk limbah.
Sistem pencernaan
Dalam sistem pencernaan, makanan diserap dan diproses oleh tubuh. Setelah ditelan melalui mulut, makanan bergerak melalui kerongkongan dan masuk ke perut. Perut memecah makanan mekanis dan kimiawi sehingga dapat dicerna oleh usus kecil dan digunakan untuk nutrisi. Setiap material tercerna ini kemudian dipindahkan melalui usus besar dan diekskresikan melalui anus. Hati juga dianggap sebagai bagian dari sistem pencernaan. Ia melepaskan empedu untuk membantu pencernaan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar