Minggu, 22 September 2013

Penggunaan Belerang dalam Bidang Kehidupan (KIMIA KELAS XII)


Penggunaan Belerang dalam Bidang Kehidupan. Sulfur adalah unsur kimia yang ditempatkan dalam kelompok 16 dari tabel periodik. Unsur-unsur dalam kelompok 16 yang disebut sebagai chalcogens. Simbol atom adalah S. Orang memiliki pengetahuan tentang keberadaan belerang sejak zaman kuno. Hal ini terbukti dari fakta bahwa ia telah disebutkan dalam teks-teks kuno. Hal ini disebut sebagai belerang di Kitab Kejadian. Kata ‘belerang’ berarti ‘batu yang membakar’. Kata ‘Sulfur’ diyakini telah diturunkan dari kata Sansekerta ‘Sulvere’ atau ‘Sulphurium’ kata Latin. Itu Antoine Lavoisier yang menetapkan belerang yang merupakan elemen pada tahun 1777. Salah satu fitur karakteristik elemen ini adalah bahwa luka bakar dengan api biru. Meskipun tidak berbau, itu memungkinkan keluar bau yang sangat kuat bila terbakar. Yang tidak menyenangkan bau adalah karena pembentukan hidrogen sulfida dan mirip dengan telur busuk. Nilai utilitas tinggi belerang adalah karena komposisi kimia dan sifat. Hal ini dapat ditemukan di alam dalam bentuk unsur murni, sebagai mineral sulfat atau sulfida. Penggunaan industri ini unsur kimia banyak.
Properti
Warna: Kuning
Massa Atom: 32.06 g / mol
Nomor atom: 16
Titik lebur: 112,8 ° C
Titik didih: 444,6 ° C

Ekstraksi Belerang

Sampai abad kedua puluh, unsur belerang diperoleh dengan bantuan proses Frasch (proses penambangan belerang air panas). Dalam proses ini, tiga tabung konsentris dimasukkan ke dalam kubah garam ataupun setoran belerang bawah tanah. Air sangat panas ini kemudian disuntikkan ke deposit melalui tabung terluar. Hal ini menyebabkan sulfur mencair dan mengalir ke dalam tabung di tengah. Udara panas sudah diperkenalkan melalui tabung terdalam sehingga membawa belerang ke permukaan. Hari-hari ini, biasanya ditemukan sebagai produk sampingan dari produksi gas alam dan minyak bumi. Sulfur juga dapat diproduksi dalam bentuk asam sulfat yang pada gilirannya juga dapat dihasilkan dari pirit atau peleburan logam yang non-ferrous di alam.

Pengunaan Belerang dalam Industri

► Sejumlah besar sulfur yang dihasilkan diubah menjadi asam sulfat. Asam sulfat memiliki banyak aplikasi industri. Salah satu kegunaan industri utama melibatkan pembuatan pupuk seperti amonium sulfat dan fosfat.
► Asam sulfat juga digunakan dalam pembuatan perekat, plastik, pakan ternak, semen, bahan peledak, kaca, fumigants, korek api, dan bahan kimia anorganik.
► Hal ini juga digunakan dalam pembuatan baja dan vulkanisasi karet alam. Hal ini juga menemukan utilitas dalam pemurnian gula, penyulingan minyak bumi, dan pembuatan blok garam.
► bubuk Sulfur digunakan untuk pengolahan air limbah, ekstraksi mineral, pembuatan agrokimia, fungisida, dan pewarna.
► Sulfida digunakan untuk pemutih kertas. Ini juga digunakan sebagai pengawet untuk buah-buahan kering.

Penggunaan Belerang dalam Medis

► Sulfur digunakan sebagai bahan aktif dalam banyak obat salep, sabun bar, lotion dan krim karena sangat bermanfaat dalam pengobatan jerawat. Hal ini disebabkan sifat antijamur, antibakteri dan keratolitik belerang. Kombinasi sulfur dan alkohol bekerja luar biasa dalam pengobatan jerawat dan untuk mengatasi masalah kulit berminyak.
► Hal ini juga digunakan sebagai bahan untuk menyembuhkan kondisi kulit yang terkait seperti kudis, dermatitis seboroik, kutil, jerawat, rosacea, pityriasis versicolor, dan ketombe.
► solusi Sulfur juga dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Secara luas digunakan untuk tujuan ini selama perang Trojan. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengobati tumpukan dan digunakan dalam homeopati untuk mengobati hipotiroidisme dan arthritis.
Sulfur membentuk beberapa senyawa dengan unsur lain. Banyak senyawa yang membentuk dengan unsur halogen yang cukup penting dalam penggunaan industri. Hal ini juga penting untuk fungsi normal dari tubuh manusia. Itu membuat sekitar 0,25% dari berat tubuh manusia dan merupakan bagian penting dari semua sel hidup yang mengapa harus selalu diperoleh dari makanan atau suplemen. Sumber makanan elemen ini termasuk keju, kembang kol, telur, bawang, ikan, gandum, asparagus, biji bunga matahari, bawang putih, kacang, kedelai, dan yogurt.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar