Sabtu, 21 September 2013

Proses Fagositosis dan Pinositosis (BIOLOGI KELAS XI)

Proses Fagositosis dan Pinositosis. Sederhananya, sel perlu makan dan minum seperti Anda. Fagositosis adalah proses makan sebuah sel. Fagositosis adalah salah satu jenis endositosis. Endositosis yang terjadi ketika sel keluar dan mengambil sesuatu. Pinositosis adalah tindakan untuk mengambil cairan. Seluruh sel bekerja selama proses tersebut. Hal ini tidak hanya beberapa protein membran dalam mengambil beberapa molekul seperti dalam transpor aktif.
Proses Fagositosis
Fagositosis adalah sel mengambil sebuah objek besar yang pada akhirnya akan dicerna. Contoh klasik adalah amuba makan bakteri. Pertama, indra sel bakteri bekerja mengamati mangsa karena bahan kimia di lingkungan. Kemudian Sel amuba bergerak ke arah mangsanya. Setelah kontak dibuat, amuba perlahan membungkus membran sel di seluruh objek. Ketika membran menjangkau mangsa, mereka disebut pseudopodium. Ketika membran sel mengelilingi objek, objek sebenarnya telah disegel dalam vesikel baru.
Langkah terakhir adalah pencernaan mangsa. Jika sel tidak bertindak cepat, bakteri bisa mulai berkembang biak. Lisosom cepat melekat pada vesikel makanan dan melepaskan enzim pencernaan. Tindakan enzim disebut ledakan oksidatif. Makanan ini kemudian dipecah dan amuba menyerap nutrisi. Partikel limbah tetap dalam vesikel dan kemudian dapat dikirim keluar dari sel.

Berburu untuk Makan

Kemampuan untuk memburu dan makan makanan merupakan prestasi besar bagi sel. Setelah proses itu disempurnakan, organisme uniseluler menjadi bisa makan benda-benda lain yang hampir sebesar mereka. Mereka juga mampu menjadi independen dari proses seperti difusi dan transpor aktif. Secara keseluruhan, sel-sel bisa tumbuh lebih cepat dan lebih besar. Itu pertumbuhan yang lebih cepat berarti itu akan mengambil sedikit waktu untuk sel untuk bereproduksi.
Hampir semua sel melakukan beberapa bentuk pinositosis. Proses ini tidak memerlukan sel untuk pergi keluar dan memburu mangsa seperti di fagositosis. Ini tentang mengambil dalam tetes cairan yang berada di luar sel. Semua sel perlu melakukan itu. Bahkan ada gaya yang berbeda dari pinositosis. Sel memiliki gaya tertentu, tergantung pada apa struktur yang mereka miliki.
Pinositosis Dasar melibatkan sel menyerap tetes sangat kecil cairan ekstraselular. Banyak organel menggentas vesikel ke sitosol. Pinositosis melihat bungkus membran sel sekitar kebawah dan menjepit off ke dalam sel. Molekul-molekul dalam vesikel yang baru dibuat kemudian dapat dicerna atau diserap ke dalam sitosol.
Pinositosis adalah proses yang terjadi sepanjang waktu. Amuba dapat membentuk vesikel mudah ketika bergerak sepanjang. Sebuah sel dengan banyak mikrovili (seperti dalam usus Anda) terus mencubit vesikel kecil yang berisi cairan. Mereka jenis sel tidak pernah pindah sehingga mereka harus lebih efisien.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar