Jumat, 20 September 2013

Sistem Jaringan pada Tumbuhan (BIOLOGI KELAS XI)

Sistem Jaringan pada Tumbuhan. Tumbuhan adalah sistem yang kompleks dengan jenis khusus dari jaringan dan sel yang mendukung tumbuhan, metabolisme nutrisi dan melaksanakan fungsi lain yang diperlukan bagi kehidupan. Tumbuhan memiliki tiga jenis utama dari jaringan: dasar, jaringan dermal dan vaskular. Sel tumbuhan dikelompokkan menjadi tiga jenis: parenkim, kolenkim dan skerenkim sel.

Sel parenkim

Sel-sel parenkim memiliki ukuran yang tipis, dinding fleksibel dan membuat sebagian besar sel dalam tumbuhan. Ini adalah sel-sel pekerja keras tumbuhan, karena mereka tidak khusus dan dapat mengubah untuk melakukan fungsi yang berbeda, tergantung pada kebutuhan tumbuhan. Beberapa fungsi mereka melakukan mencakup fotosintesis dan proses metabolisme lainnya.

Kolenkim

Sel fleksibel dengan ketebalan dinding yang tidak rata, sel kolenkim berkumpul bersama-sama untuk membantu memberikan dukungan dan struktur untuk tumbuhan. Kolenkim sering ditemukan sebagai bagian dari ikatan pembuluh.

Skerenkim

Sclerenchyma adalah sel dukungan yang sangat khusus. Skerenkim melakukan hal baik bagi tumbuhan setelah mereka mati, karena jasad mereka memberikan tumbuhan kekakuan, memungkinkan untuk tetap tegak dan tegak. Sel Skerenkim membuat serat tumbuhan dan juga membentuk cangkang keras yang mengelilingi kacang atau biji.

Jaringan dermal

Jaringan dermal terdiri dari lapisan luar utama tumbuhan dan memisahkan tumbuhan dari lingkungannya. Epidermis, yang membuat sebagian besar jaringan kulit, biasanya hanya satu lapisan sel yang meliputi akar, batang dan daun. Sel-sel khusus pada epidermis membuat stomata, yaitu pori-pori yang memungkinkan pertukaran gas dan air antara tumbuhan dan lingkungannya.

Jaringan vaskular

Jaringan vaskular bertanggung jawab untuk mengangkut air dan nutrisi ke seluruh tumbuhan. Dua jenis sel membuat jaringan pembuluh: sel xilem, yang memindahkan air, dan sel floem, yang mengangkut nutrisi.

Dasar Jaringan

Jaringan dasar mencakup semua sistem jaringan yang baik pembuluh darah atau kulit. Jaringan ini berfungsi berbagai fungsi, termasuk memberikan dukungan untuk menjaga tumbuhan tegak, bertindak sebagai gudang untuk menyimpan pati atau melakukan fotosintesis. Sel jaringan dasar lainnya diisi dengan pigmen yang memberi warna pada buah-buahan, sayuran dan bagian lain dari tumbuhan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar