Jumat, 20 September 2013

Apakah Fungsi Organel Sel Tumbuhan? (BIOLOGI KELAS XI)

Apakah Fungsi Organel Sel Tumbuhan? Organel adalah struktur membran yang terletak di dalam sel tumbuhan. Sama seperti organ, masing-masing organel memiliki pekerjaan khusus yang memungkinkan sel untuk berfungsi.

Dukungan dan Perlindungan

Tanpa dukungan, sel akan runtuh. Mendukung dan melindungi organel membentuk hambatan fisik yang menciptakan struktur. Organel memiliki kemampuan untuk selektif mengambil bahan seperti air dan oksigen. Dinding sel, membran sel dan sitoplasma adalah organel yang melayani dalam kapasitas ini.

Pertukaran

Untuk bertahan hidup, sel harus mengambil nutrisi. Organel mengontrol bahan masuk dan keluar dari lewat sel. Organel juga mengontrol gerakan dalam sel. Dinding sel, membran sel, retikulum endoplasma dan membran nukleus adalah organel bertanggung jawab untuk pertukaran elemen-elemen penting.

Makanan

Energi sangat penting untuk fungsi sel. Organel mengubah makanan dan energi menjadi bentuk yang dapat digunakan. Protein diproduksi oleh ribosom, sedangkan mitokondria memecah molekul gula menjadi energi. Molekul makanan besar diolah menjadi molekul makanan kecil dengan lisosom. Fotosintesis terjadi di kloroplas.

Penyimpanan dan Limbah

Makanan dan air harus dipertahankan untuk tumbuhan bisa berkembang, dan produk-produk limbah perlu dihilangkan. Vakuola dan fungsi lisosom di daerah ini.

Inti

Untuk berfungsi secara memadai, DNA harus mendikte kejadian sel. Inti mengandung DNA dan bertanggung jawab untuk mengendalikan sel.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar