Jumat, 20 September 2013

Struktur Fungsi Sel Biologi (BIOLOGI KELAS X)


Struktur Fungsi Sel Biologi. Semua organisme terdiri dari satu atau lebih sel. Ada dua jenis sel: sel tumbuhan dan hewan. Sel tumbuhan yang terkandung dalam selulosa dinding sel yang kaku, yang memberikan tanaman struktur secara keseluruhan karena tidak memiliki kerangka tulang.
Struktur Utama sel
Membran sel
Sel hewan dikelilingi oleh membran sel yang fleksibel, yang memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel seperti tulang, darah, otot dan sel saraf dan yang berfungsi dengan cara yang berbeda untuk memberikan tubuh hewan struktur dan dukungan. Semua sel mengandung cairan seperti gel disebut sitoplasma, yang memberikan setiap sel struktur internal dan mendukung organel dalam sel.
Organel
Organel adalah subunit khusus dalam sel. Beberapa subunit ada dalam sel, dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri dan terpisah tertutup dalam membran sendiri. Beberapa contoh termasuk mitokondria, yang memasok sel dengan energi kimia, retikulum endoplasma, yang merupakan serangkaian membran dilipat dengan tempat untuk ribosom untuk memproduksi protein, dan vakuola, yang bertindak sebagai jenis kandung kemih, mengumpulkan kelebihan cairan dan mengeluarkan mereka melalui membran sel.
Inti sel
Inti sel dipisahkan dari seluruh sel dengan membran nuklir. Ini adalah pusat kendali sel dan berisi kromosom, yang terdiri dari asam deoksiribonukleat, atau DNA. Ini adalah materi genetik yang menentukan jenis sel terbentuk. Semua proses kehidupan sel ditentukan oleh DNA-nya.
Asal usul Sel
Munculnya sel pertama menandai asal usul kehidupan di bumi. Namun, sebelum bisa membentuk sel, molekul organik harus ada bersatu dengan satu sama lain untuk membentuk molekul yang lebih kompleks yang disebut polimer. Contoh polimer polisakarida dan protein.
Pada tahun 1950, Sidney Fox menempatkan asam amino dalam kondisi bumi primitif dan menunjukkan bahwa asam amino akan bersatu untuk membentuk polimer disebut proteinoid. Para proteinoid itu tampaknya mampu bertindak sebagai enzim dan mengkatalisis reaksi organik.
Bukti yang lebih baru menunjukkan bahwa molekul RNA memiliki kemampuan untuk mengarahkan sintesis molekul RNA baru serta molekul DNA. Karena DNA menyediakan kode genetik untuk sintesis protein, dapat dibayangkan bahwa DNA mungkin telah terbentuk di lingkungan bumi primitif sebagai konsekuensi dari aktivitas RNA. Maka aktivitas DNA bisa menyebabkan sintesis protein.
Untuk sel terwujud, beberapa jenis disertai dengan membran diperlukan untuk terus bersama bahan organik dari sitoplasma. Satu generasi yang lalu, para ilmuwan percaya bahwa tetesan membran terbentuk secara spontan. Tetesan ini disebut membran protosel yang dianggap menjadi sel pertama. ilmuwan Modern percaya, bagaimanapun, bahwa protosel tidak membawa informasi genetik dan kurangnya organisasi internal sel. Dengan demikian teori protosel tidak diterima secara luas. Beberapa kelompok ilmuwan sedang menyelidiki sintesis polipeptida dan asam nukleat pendek pada permukaan tanah liat. Sel-sel pertama tetap menjadi misteri.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar