Kamis, 19 September 2013

Tujuh Ciri Penting Alga Coklat Phaeophyta (BIOLOGI KELAS X)

Tujuh Ciri Penting Alga Coklat Phaeophyta . Phaeophyta atau ganggang coklat adalah kelompok autotrofik, organisme multiselular, termasuk dalam kelas Phaeophyceae dari divisi Chromophyta. Mereka berisi xanthophyll pigmen – fucoxanthin, selain klorofil a dan c. Oleh karena itu, para anggota Phaeophyta menunjukkan karakteristik warna kehijauan-coklat. Pigmen berwarna coklat sangat penting untuk adaptasi Phaeophyta di laut dalam dan lautan. Phaeophyta biasanya disesuaikan dengan lingkungan laut, hanya sedikit yang Phaeophyta spesies yang air tawar. Bahkan, mayoritas Phaeophyta yang dominan di zona beriklim belahan bumi utara, sedangkan beberapa spesies yang ditemukan di perairan tropis yang hangat. Sampai sekarang, sekitar 1500-2000 spesies ganggang coklat diidentifikasi di seluruh dunia.

Klasifikasi Phaeophyta

domain
Eukaryota – Adanya organel sel membran-batas.
kerajaan
Protista – organisme sederhana, biasanya mikroskopis, rumput laut pengecualian.
divisi
Heterokontophyta – Alga dengan klorofil a dan c.
kelas
Phaeophyceae – Coklat alga memiliki pigmen fucoxanthin.
Order: Fucales, Laminarales, Dictyotales, Ectocarpales
Keluarga: Fucaceae
Genus: Fucus
Spesies: distichus, serratus, spiralis, vesiculosus

Ciri Phaeophyta

Phaeophyta adalah bentuk yang paling kompleks ganggang. Dinding sel terdiri dari selulosa dan asam alginat (polisakarida yang kompleks). Tidak seperti ganggang hijau atau Cholorophyta, mereka kekurangan pati sejati. Cadangan makanan mengandung gula, alkohol yang lebih tinggi dan bentuk kompleks lainnya dari polisakarida. Para anggota Phaeophyta milik Laminarales disebut kelps.
Kelps adalah satu-satunya ganggang dengan diferensiasi jaringan internal yang signifikan. Meskipun jaringan konduktif sejati seperti xilem dan floem tidak hadir, kelps menunjukkan semacam jaringan konduktif. Mirip dengan spesies alga lainnya berkembang, reproduksi ganggang ini terjadi dengan cara baik seksual dan aseksual. Tinggi Phaeophyta memiliki siklus hidup yang terdiri dari kedua tahap haploid dan diploid, disebut sebagai pergantian generasi. Para talus mewakili tahap haploid dan diploid tahap mungkin mirip (isomorfik) atau berbeda (heteromorfik).
  • Phaeophyta berevolusi sekitar 150-200 juta tahun.
  • Mereka baik mikroskopis atau makroskopik.
  • Siklus hidup Phaeophyta berbeda dari satu anggota ke yang lain.
  • Pada anggota tinggi dari Phaeophyta, siklus hidup terdiri dari pergantian tahap haploid dan diploid tingkat.
  • Mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan laut yang luas, zona pasang surut, intertidal dan dalam.
  • Beberapa anggota Phaeophyta memiliki kandung kemih yang adaptif, dimaksudkan untuk mengambang bagian fotosintesis pada atau dekat permukaan air untuk mengambil cahaya.
    Bentuk Phaeophyta terbesar, misalnya, rumput laut raksasa bisa mencapai sekitar 70 meter panjangnya.
  • Mereka sering menimbulkan gangguan bagi lingkungan akuarium dengan mengembangkan bercak cokelat pada setiap permukaan yang terbuka seperti kaca, batu atau kerikil.

Penggunaan Phaeophyta

Phaeophyta Dieksploitasi secara komersial termasuk, Laminarales dan Fucales. Sebelumnya, rumput laut laut Phaeophyta digunakan untuk ekstraksi yodium dan kalium. Dalam waktu belakangan, Phaeophyta secara luas dimanfaatkan untuk ekstraksi asam alginat. Ini asam alginat digunakan untuk menurunkan alginat, gel koloid utama yang digunakan sebagai stabilizer, emulsifier atau pengikat dalam banyak aplikasi industri.
Secara komersial, alginat digunakan dalam pencetakan kain, kue, pasta gigi, sabun, es krim, pengawetan daging, dll Penggunaan lain Phaeophyta adalah dalam pembuatan semprotan pertanian atau perkebunan. Selain itu, Phaeophyta digunakan sebagai sumber makanan. Para ganggang coklat, laminaria dibudidayakan di kolam alga buatan manusia (menggunakan tali) untuk produksi suplemen makanan dan alginat. Panen Phaeophyta kemudian diproses untuk menyiapkan makanan rumput laut. Ini makanan rumput laut tinggi protein yang diekspor ke berbagai negara, terutama untuk memecahkan masalah gizi buruk.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar