Jumat, 20 September 2013

Jenis Organel sel Hewan dan Tumbuhan (BIOLOGI KELAS XI)

Jenis Organel sel Hewan dan Tumbuhan. Organel adalah struktur kecil yang terletak di dalam dinding sel organisme. Organel dalam sel bervariasi tergantung pada organisme. Tumbuhan mungkin memiliki organel yang hewan tidak miliki dan hewan mungkin memiliki organel yang tidak memiliki tumbuhan. Semua organel dibahas dalam artikel ini dimiliki oleh hewan dan tumbuhan. Organel mungkin terlihat sedikit berbeda tergantung pada organisme atau bahkan lokasi sel dalam organisme, tetapi struktur dasar dan fungsi dari organel selalu sama.

Membran sel

Membran sel memberikan perlindungan dan dukungan kepada sel. Pada tumbuhan membran sel terletak di dalam dinding sel, sedangkan pada hewan membran sel adalah lapisan luar sel. Ini terbuat dari kolesterol dan selektif permeabel, yang berarti bahwa beberapa zat dapat dengan mudah masuk ke dalam sel melalui membran sementara yang lain tidak bisa.

Inti

Inti adalah otak dari sel. Struktur berbentuk lingkaran atau oval yang mengontrol dan mengatur kegiatan sel. Inti ini dikelilingi oleh membran inti dengan bantal dan mendukungnya. Membran inti selektif permeabel. Nucleolus terletak di dalam nukleus dan mengandung RNA.

Retikulum endoplasma

Di bawah mikroskop, retikulum endoplasma tampak seperti berlekuk-lekuk sekelompok tabung atau garis. Struktur ini bergerak hal-hal di dalam sel dan mengangkut nutrisi dan zat lain sel kebutuhan.

Mitokondria

Mitokondria adalah organel terbesar selain dari inti. Struktur berbentuk oval mengatur keseimbangan air dalam sel. Hal ini juga memecah lemak, protein dan karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi.

Sitoplasma

Sitolasma adalah bahan di mana organel berada dan terorganisir. Zat ini seperti jelly memberikan dukungan dan terletak di dalam dinding sel.

Ribosom

Ribosom berukuran kecil, struktur melingkar yang menghasilkan protein. Mereka mungkin melekat pada retikulum endoplasma atau mungkin terletak dalam sitoplasma.

Organel lain

Beberapa organel yang ditemukan dalam sel-sel hanya beberapa tumbuhan dan beberapa hewan. Ini termasuk vakuola, tempat menyimpan makanan, air dan limbah; lisosom mencerna bagian membusuk atau tidak berguna dari sel. Tumbuhan juga memiliki dua organel bahwa hewan tidak. Kloroplas membantu tumbuhan untuk memproses sinar matahari dan dinding sel memberikan dukungan kepada batang tumbuhan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar