Jumat, 20 September 2013

Jenis Difusi sel (BIOLOGI KELAS XI)


Jenis Difusi sel. Semua makhluk hidup terdiri dari sel. Unit biologis fundamental adalah sistem yang kompleks semua item bekerja sama untuk melanjutkan eksistensi mereka, dan keberadaan makhluk yang mereka buat. Banyak sel dalam tubuh melalui apa yang disebut “difusi,” atau suatu proses dimana molekul pergi dari daerah terkonsentrasi tinggi ke yang rendah (seperti semprotan parfum yang kuat di mana telah disemprot, tapi hampir tak terlihat di seluruh ruangan selama satu menit). Dua bentuk difusi penting dalam kehidupan sel adalah: pasif dan aktif.

Difusi difasilitasi

Katakanlah seseorang memiliki wortel yang banyak di sekitar mereka. Seseorang di seberang sungai dapat mengambil banyak dari mereka, namun sungai yang terlalu dalam untuk disebrangi. Para petani menggunakan jembatan di atas sungai, dan wortel dapat mengalir bebas bolak-balik diantara mereka. Solusi ini adalah hal yang sama dengan sebuah sel menggunakan molekul untuk dapat melintasi tahanan membran yang kemudian disebut proses “Difusi difasilitasi”.
Bagian difasilitasi datang ketika struktur khusus yang disebut “protein pembawa” membuka saluran bagi molekul untuk digunakan melalui membran. Karena tidak membutuhkan energi untuk melakukan ini, salah satu bentuk difusinya adalah yang disebut dengan”transpor pasif.”

Difusi dan Osmosis Sederhana

Kadang-kadang ada molekul yang menderita hydrophobia. Hal ini tidak berarti itu adalah ‘takut air’, tapi itu tidak berarti bahwa ia dapat melewati membran sel lapisan hidrofobik sendiri tanpa bantuan protein. Tidak terlalu banyak zat dapat melakukan hal ini, tetapi di antara mereka adalah karbon dioksida, etanol dan oksigen. Ketika sesuatu bergerak menuruni gradien konsentrasi, yang berarti itu akan bergerak dari konsentrasi tinggi ke rendah, dan oleh karena itu yang secara alami tidak memerlukan energi.
Osmosis adalah bentuk difusi sederhana yang khusus menangani air bergerak turun gradien konsentrasinya. Membran selektif permeabel untuk memungkinkan gerakan– dengan kata lain, memungkinkan air, tetapi tetap keluar apa pun di dalamnya.

Endositosis

Terkadang sel perlu bergerak menaiki gradien konsentrasi — dari mana konsentrasi lebih rendah ke tempat itu lebih tinggi. Karena ini adalah seperti mendorong sebuah batu menanjak, difusi aktif membutuhkan energi, biasanya dalam bentuk ATP.
Salah satu metode adalah dengan endositosis, di mana sel itu sendiri hanya menelan seluruh molekul. Dua versi dari proses ini adalah: fagositosis dan pinositosis. Fagositosis membutuhkan sel untuk membawa molekul padat menjadi vakuola makanan  (wadah untuk itu dalam sel) sebelum secara efektif menelan itu. Pinositosis transaksi dengan cairan. Daerah kecil akan terbentuk di membran, dipenuhi cairan dari apa pun yang yang mengelilinginya, dan kemudian menjepit untuk membawanya ke dalam sel. Semua ini membutuhkan energi.

Eksositosis

Bentuk lain dari transportasi aktif adalah eksositosis. Dimana endositosis membawa sesuatu ke dalam sel, eksositosis menggerakkan mereka. Proses ini membutuhkan kantong kecil yang disebut “vesikel,” yang penuh dengan bahan limbah dari sel, untuk pergi ke membran sel dan berhubungan dengan itu. Ini menjadi bagian dari membran, dan kemudian membuka diri untuk melepaskan produk limbah luar sel. Tidak semua produk limbah yang dilepaskan adalah “sampah” ke tubuh, tentu saja. Beberapa yang diperlukan, dan hanya sel dapat membuat dan melepaskan mereka.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar