Sabtu, 21 September 2013

Pengertian dan Pentingnya Fase G2 dalam Mitosis (BIOLOGI KELAS XII)


Pengertian dan Pentingnya Fase G2 dalam Mitosis. Tahap G2 adalah salah satu dari banyak langkah dalam siklus sel mitosis. G2 adalah subphase dari interfase. Interfase adalah waktu di mana sel sedang mempersiapkan untuk divisi.
Ketika G2 Terjadi
G2 adalah waktu antara selesainya sintesis DNA (fase S) dan awal mitosis (pembelahan sel, atau fase M). Fase G2 dari siklus sel adalah fase terakhir dari interfase. Fase G2 secara langsung diikuti oleh mitosis.
Kegiatan Seluler Selama G2
Selama fase G2 dari siklus sel, beberapa hal terjadi untuk menyiapkan sel untuk mitosis, seperti G2 adalah fase pertumbuhan kedua dalam siklus sel. Selama G2, organel mereplikasi, kromosom bersiap-siap untuk memadatkan, dan mikrotubulus mulai terbentuk pada sentriol.
Checkpoint G2
Pada akhir siklus G2, sel mencapai pos pemeriksaan. Sel memeriksa MPF (mitosis promoting factor/faktor pendorong mitosis), yang perlu hadir agar sel untuk membelah. Jika MPF hadir, sel akan memasuki mitosis. G2 pos pemeriksaan mencegah sel-sel memasuki mitosis dengan DNA yang rusak.
Mengapa G2 Penting
G2 adalah penting dalam mengatur pembelahan sel dan membantu menjaga stabilitas genom. Jika sel memiliki masalah melalui siklus G2, pembelahan sel dapat menjadi tidak terbatas.
Kondisi yang berkaitan dengan G2
Karena fase G2 mengatur pembelahan sel, telah menjadi fokus penting dalam kondisi seperti mempelajari kanker (di mana sel membelah secara tidak terkendali). Ketika fase G2 juga mengatur replikasi DNA yang rusak, itu merupakan faktor penting dalam banyak kondisi yang dihasilkan dari DNA yang rusak.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar