Sabtu, 21 September 2013

Tiga Tahapan Respirasi Seluler (BIOLOGI KELAS XII)

Tiga Tahapan Respirasi Seluler
Glikolisis
Tahap pertama dari respirasi selular melibatkan sel memecah molekul glukosa dari karbohidrat. Ternyata mereka menjadi piruvat, yang akan digunakan dalam tahap kedua respirasi selular. Energi dari sel sebenarnya digunakan untuk mengambil fosfat dari ATP (yang menjadi ADP) dan menambahkannya ke molekul glukosa enam karbon. Posisi molekul glukosa diubah dan menjadi fruktosa. Kemudian enzim memotong fruktosa terpisah, menciptakan dua tiga karbon piruvat. Melalui beberapa langkah, kelompok fosfat dihapus dan molekul piruvat siap untuk memasuki Siklus Krebs.
Di Siklus Krebs
Sebuah Piruvat bergerak dari sitosol ke bagian dalam mitokondria. Kemudian microenzyme yang menghapus satu karbon dan dua molekul oksigen untuk membuat Asetil CoA. Ini adalah gula dua-karbon yang sekarang akan bergerak melalui Siklus Krebs. Di Siklus Krebs pada dasarnya adalah serangkaian langkah-langkah di mana enzim mengoksidasi molekul asetil CoA. Oksigen diperlukan untuk langkah ini dalam respirasi selular, tidak seperti di glikolisis, dan dua putaran lengkap Siklus Krebs perlu terjadi sebelum molekul empat karbon dioksida, enam molekul NADH, dua molekul ATP dan dua molekul FADH2 diciptakan.
Rantai Transportasi Elektron
Di sinilah sebagian besar energi dihasilkan. Terletak di dalam mitokondria adalah sistem protein elektron-membawa. Protein ini melewati elektron menuruni rantai, sampai mereka ditambahkan ke oksigen, yang membuat elektron transportasi rantai aerobik (memerlukan oksigen) juga. Namun seiring dengan elektron-elektron, proton juga melewati ke oksigen. Saat proton bergerak melintasi membran biologis, mereka membentuk gradien dan ATP diproduksi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar