Sabtu, 21 September 2013

Penjelasan Singkat Respirasi Sel (BIOLOGI KELAS XII)

Penjelasan Singkat Respirasi Sel. Respirasi sel adalah proses dimana semua organisme eukariotik — organisme yang mengandung sel-sel yang kompleks — membuat energi sel yang dapat digunakan dari oksigen dan makanan. Respirasi selular terjadi kira-kira dengan cara yang sama sel-sel dari semua spesies tumbuhan, hewan, dan jamur.
Reaksi Keseluruhan
Respirasi selular adalah transformasi kimia gula menjadi molekul energi sel dapat digunakan disebut adenosin trifosfat (ATP). Oksigen diperlukan dan air dan karbon dioksida yang dihasilkan dalam proses, yang dapat dilihat dalam keseluruhan reaksi:
C6H12O6 + 6O2 -> 6CO2 + 6H2O + 38 ATP
Dimana Respirasi Seluler Terjadi
Respirasi sel terjadi dalam tiga tahap. Ini dimulai di sitoplasma sel dan selesai dalam organel seluler yang disebut mitokondria.
Tahap Pertama: Glikolisis
“Glikolisis” secara harfiah berarti “pemecahan gula.” Hal ini terjadi dalam sitoplasma dan melibatkan transformasi glukosa menjadi molekul yang disebut asam piruvat.
Tahap Kedua: Siklus Krebs
Di Siklus Krebs terjadi di dalam mitokondria. Ia menggunakan produk glikolisis untuk menghasilkan beberapa molekul ATP, nikotinamida adenin dinukleotida (NADH) — sumber potensial reduksi untuk tahap ketiga — dan karbon dioksida sebagai produk sampingan.
Tahap Ketiga: Rantai Transportasi Elektron
Elektron ditransfer oleh NADH dari Siklus Krebs diturunkan “rantai” dari tingkat energi. Energi yang hilang oleh elektron digunakan untuk menggerakkan produksi 32 ATP per molekul glukosa dalam proses yang disebut kemiosmosis.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar