Sabtu, 21 September 2013

Uraian Singkat Pembelahan Sel (BIOLOGI KELAS XII)

Uraian Singkat Pembelahan Sel. Pada organisme multisel pembelahan sel adalah mutlak penting. Hal ini mengacu pada proses di mana sel-sel, blok bangunan organisme, mereplikasi diri. Proses ini digunakan untuk menggantikan sel-sel lama yang telah mati, memperbaiki kerusakan ketika organisme terluka dan memastikan bahwa jaringan tumbuh ke ukuran yang tepat karena organisme multisel sudah cukup matang. Sebenarnya proses pembelahan sel (dalam hal ini disebut mitosis) berlangsung dalam dua tahapan besar. Setiap fase rumit dan berkaitan dengan sejumlah besar perubahan dalam sel.
Interfase dan Profase
Interfase disebut sebagai waktu istirahat sel. Namun, interfase sekarang dikenal sebagai waktu di mana sel mulai membangun energi dan massa yang diperlukan. Semua komponen yang diperlukan dibangun sampai divisi siap untuk memulai. Saat itulah profase dimulai. Profase adalah fase kedua ketika inti sel mulai membuat salinan DNA sehingga sel baru akan memiliki semua informasi yang diperlukan tersebut. Kromosom direplikasi dan inti mulai menghilang.
Metafase, Anafase dan telofase
Metafase adalah di mana amplop nuklir, yang berisi inti sel serta DNA dan kromosom, menghilang. Kromosom kemudian mulai berbaris di tengah sel. Anafase dimulai ketika semua kromosom berbaris di tengah sel, yang disebut pelat ekuator. Kromosom mulai membagi dua, menjadi kromatid suster. Sebagaimana kromatid bergerak menuju kedua sisi sel, ia mulai terbelah dua. Ketika selesai, sekarang ada dua sel, masing-masing dengan materi yang mereka butuhkan untuk berfungsi dan menciptakan sel bahkan lebih. Telofase adalah proses sel baru menciptakan semua item yang diperlukan, seperti inti, bahwa perlu keluar dari apa yang telah tersedia. Setelah itu, semuanya kembali ke siklus interphase dan proses dimulai lagi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar