Sabtu, 21 September 2013

Struktur Fungsi Mitokondria (BIOLOGI KELAS XI)

Struktur Fungsi Mitokondria.
Mitokondria dikenal sebagai pusat tenaga sel. Mereka adalah organel yang bertindak seperti sistem pencernaan yang mengambil nutrisi, dan menciptakan energi untuk sel. Proses menciptakan energi sel dikenal sebagai respirasi sel. Sebagian besar reaksi kimia yang terlibat dalam respirasi selular terjadi di mitokondria. Sebuah mitokondria berbentuk sempurna untuk memaksimalkan kinerjanya.
Mitokondria adalah organel yang sangat kecil. Anda mungkin menemukan sel dengan beberapa ribu mitokondria. Jumlahnya tergantung pada apa yang sel perlu dilakukan. Jika tujuan dari sel adalah untuk mengirimkan impuls saraf, akan ada lebih sedikit daripada di mitokondria sel otot yang membutuhkan banyak energi. Jika sel merasa tidak mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup, banyak mitokondria dapat dibuat. Kadang-kadang mereka bahkan bisa tumbuh, bergerak, dan menggabungkan dengan mitokondria lainnya, tergantung pada kebutuhan sel.

Struktur sederhana mitokondria

Setiap sel organel secara unik dirancang untuk mendukung fungsinya, seperti dapat dilihat dalam struktur dan fungsi mitokondria. Sebuah Mitokondria terdiri dari dua membran: membran luar dan membran dalam, baik terdiri dari protein dan senyawa kompleks lainnya. Karena kedua membran memiliki sifat yang berbeda, satu mitokondria tunggal terdiri dari ruang antarmembran, ruang crista dan matriks, selain dari dua membran. Setiap bagian dari organel memiliki peran penting untuk bermain, dan struktur setiap mitokondria berperan dalam kinerja tersebut.
Mitokondria memiliki dua membran (tidak satu seperti dalam organel lainnya). Membran luar meliputi organel dan tempat file tersebut. Bagian dalam lipatan membran lebih dari berkali-kali (krista). Perlipatan yang meningkatkan area permukaan dalam organel. Banyak reaksi kimia terjadi pada membran bagian dalam mitokondria. Peningkatan luas permukaan memungkinkan organel kecil untuk melakukan pekerjaan sebanyak mungkin. Jika Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pekerjaan dilakukan. Strategi luas permukaan yang sama digunakan oleh mikrovili dalam sel usus Anda. Cairan dalam mitokondria disebut matriks.
Struktur Fungsi Mitokondria
Struktur Fungsi Mitokondria
Semua sel hidup memiliki mitokondria. Sel-sel rambut dan sel-sel kulit luar adalah sel-sel mati dan tidak lagi aktif memproduksi ATP, tetapi semua sel memiliki struktur yang sama. Beberapa sel memiliki banyak mitokondria daripada yang lain. Sel-sel lemak memiliki banyak mitokondria karena mereka menyimpan banyak energi. Sel otot memiliki banyak mitokondria, yang memungkinkan mereka untuk merespon dengan cepat kebutuhan untuk melakukan pekerjaan. Mitokondria menempati 15 sampai 20 persen dari sel-sel hati mamalia menurut Karp.
Sebuah sel hewan khas akan memiliki 1000-2000 mitokondria. Jadi sel akan memiliki banyak struktur yang mampu menghasilkan jumlah tinggi energi yang tersedia. Produksi ATP ini oleh mitokondria dilakukan dengan proses respirasi, yang pada intinya adalah penggunaan oksigen dalam proses yang menghasilkan energi. Ini adalah proses yang sangat efisien untuk menggunakan energi makanan untuk membuat ATP. Salah satu manfaat dari “latihan aerobik” adalah bahwa hal itu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membuat ATP dengan cepat menggunakan proses respirasi.
Produksi Energi
Fungsi mitokondria utama dalam sel-sel hewan adalah produksi energi dalam bentuk ATP, dan regulasi metabolisme sel. Reaksi yang terlibat dalam produksi ATP secara kolektif dikenal sebagai Siklus Asam Sitrat atau Siklus Krebs. Setelah makanan dipecah menjadi bagian-bagian komponennya dengan proses metabolisme, molekul makanan ditransfer ke mitokondria di mana mereka menjalani pengolahan lebih lanjut melalui siklus Krebs untuk menghasilkan energi, setelah sejumlah reaksi yang kompleks, dengan adanya oksigen.
Kematian Sel terprogram
Fungsi penting lain yang patut dicatat adalah peran mitokondria dalam apoptosis, atau sel mati terprogram. Hal ini dilakukan oleh suatu organisme dalam tahap perkembangan ketika ada sel-sel yang tidak diinginkan harus dihancurkan – sebagai contoh ini adalah apoptosis hal ini yang memungkinkan digit tangan untuk memisahkan ke jari-jari selama perkembangan janin. Hal ini juga dilakukan pada saat tubuh mendeteksi infeksi, atau sebagai respon sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri atau penyakit. Karena oksigen diperlukan untuk produksi ATP, dalam kondisi di mana tubuh memerangi penyakit, konsumsi oksigen meningkat, sebagai hasil dari reaksi yang mitokondria tertentu menyebabkan produksi radikal bebas. Radikal bebas, lebih dari kemampuan mitokondria untuk detoksifikasi sel, menyebabkan kerusakan pada mitokondria. Kematian sel abnormal akibat kerusakan dapat menimbulkan kondisi medis atau mengganggu fungsi organ.
Fungsi khusus Sel
Fungsi mitokondria juga meliputi:
  • Bangunan, kerusakan dan daur ulang produk yang dibutuhkan bagi sel untuk berfungsi secara normal
  • Pembentukan bagian darah dan hormon seperti estrogen dan testosteron
    Sintesis steroid
  • Peraturan potensial membran
  • Pemantauan diferensiasi sel, pertumbuhan dan perkembangan
  • Sel sinyal dari neuron
Memahami peran mitokondria, tidak murni akademis – tes fungsi mitokondria, yang disebut ATP Profil Test dapat digunakan untuk mendiagnosis Sindrom Kelelahan kronis, atau CFS, yang telah dikaitkan dengan kegagalan mitokondria atau inefisie

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar