Sabtu, 21 September 2013

Fungsi Dinding Sel Tumbuhan (BIOLOGI KELAS XI)

Fungsi Dinding Sel Tumbuhan. Meskipun membran sel mungkin ada disetiap sel, dinding sel yang terbuat dari selulosa hanya ditemukan di sekitar sel tumbuhan. Dinding sel terbuat dari gula khusus yang disebut selulosa. Selulosa menyediakan kerangka kerja untuk melindungi sel tanaman untuk bertahan hidup. Ini seperti mengambil balon air dan menaruhnya di sebuah kotak kardus. Balon dilindungi dari dunia luar. Selulosa disebut karbohidrat struktural (gula kompleks) karena digunakan dalam perlindungan dan dukungan.
Fungsi Dinding Sel Tumbuhan
Fungsi Dinding Sel Tumbuhan
Dinding sel juga membantu tanaman menjaga bentuknya. Ketika mereka melakukan perlindungan sel-sel, dinding sel dan selulosa juga memungkinkan tanaman untuk tumbuh ke keatas atau membesar. Meskipun Anda memiliki kerangka untuk menahan Anda, tinggi pohon kayu redwood bisa mencapai 100-kaki. Ia menggunakan dinding sel yang kuat untuk mempertahankan bentuknya. Untuk tanaman yang lebih kecil, dinding sel sedikit elastis. Angin memojokan mereka dan kemudian mereka bangkit kembali. Redwood besar membutuhkan kekuatan untuk menghadapi angin kencang dan bergoyang sangat sedikit (kecuali di bagian atas).

Lubang lain di dinding

Sebuah dinding sel bukanlah sebuah benteng halus di sekitar sel tanaman. Ada lubang kecil di dinding yang memungkinkan nutrisi, limbah, dan ion melewatinya. Lubang-lubang disebut plasmodesmata. Lubang ini memiliki masalah: air juga bisa hilang. Tetapi bahkan ketika sel tanaman kehilangan air, bentuk dasar dipertahankan oleh dinding sel. Jadi jika tanaman terkulai karena membutuhkan air, dapat pulih kembali ketika air ditambahkan. Ini akan terlihat sama seperti ketika itu dimulai.

Lebih dari Dinding di Tanaman

Anda mungkin mendengar tentang dinding sel di daerah lain pada biologi. Bakteri juga mengenal struktur yang disebut dinding sel. Jamur dan beberapa ptotozoa juga memiliki dinding sel. Mereka tidak sama. Hanya dinding sel tumbuhan yang terbuat dari selulosa. Dinding lain mungkin dibuat dari protein atau zat yang disebut kitin. Mereka semua melayani tujuan yang sama untuk melindungi dan memelihara struktur, tetapi mereka adalah molekul yang sangat berbeda.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar