Rabu, 25 September 2013

MENENTUKAN TOPIK PENELITIAN SOSIAL (SOSIOLOGI KELAS XII)



Setelah memperoleh permasalahan yang akan diteliti, langkah selanjutnya adalah menentukan topik penelitian, yaitu persoalan yang hendak dibuktikan. Dalam hal ini peneliti menentukan satu topik sebagai fokus kegiatan penelitian. Hal itu dilakukan karena permasalahan yang ada biasanya sangat

kompleks, sehingga tidak mungkin hanya diteliti dari satu sudut disiplin ilmu saja dan tidak mungkin diteliti dari semua segi secara serentak.

Ciri-ciri topik penelitian yang baik adalah sebagai berikut.



1. Urgen untuk Diteliti

Maksudnya penting untuk segera diselidiki pada waktu atau saat ini. Di masyarakat kita dapat menjumpai banyak topik atau permasalahan yang perlu diteliti, namun ada yang mendesak dan belum mendesak untuk ditangani, baik dari segi jangkauan kegunaannya maupun dari segi keterlaksanaan prosedurnya.

Nah, dalam penelitian kita harus dapat memilih atau menentukan topik yang menuntut atau mendesak untuk segera diselidiki. Oleh karena peneliti harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan memerhatikan fenomena sosial dalam masyarakat agar dapat membedakan mana permasalahan yang urgen untuk diteliti dan yang tidak.



2. Membuahkan Sesuatu yang Baru bagi Ilmu Pengetahuan

Artinya penelitian mengenai topik tersebut akan menghasilkan temuan baru yang dapat membuka cakrawala pemikiran dan memperkaya pengetahuan dengan informasi yang mutakhir.



3. Sumbangan bagi Pengembangan Ilmu dan Bermanfaat bagi Masyarakat

Hal ini dapat menentukan nilai hasil penelitian. Hasil penelitian harus merupakan sumbangan yang berarti bagi pengembangan disiplin ilmu itu khususnya dan ilmu pengetahuan umumnya, serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.



4. Aktual

Peneliti yang selalu mengikuti perkembangan ilmu akan lebih mudah menemukan topik yang aktual dan segar. Sekedar melakukan penelitian mengenai topik yang usang, apalagi temuan-temuannya sudah sejak lama diketahui dan sudah sedemikian banyak dipublikasikan sehingga hasilnya sudah sangat konklusif, tidak ada artinya lagi.

Di samping harus mengetahui ciri topik yang baik, peneliti juga harus memerhatikan pertimbangan lain dalam penentuan topik penelitiannya. Pada kenyataannya, kadang-kadang sulit sekali untuk menemukan topik yang memenuhi kesemua cirri di atas.

Tanpa bermaksud mengurangi kadar penelitiannya, peneliti mungkin saja terpaksa mengabaikan satu di antara ciriciri yang seharusnya dipenuhi, demi pertimbangan lain yang juga ikut menentukan kelangsungan penelitian. Di antara pertimbangan yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1. Minat peneliti terhadap topik yang diteliti.
2. Ketersediaan sumber referensi.
3. Ketersediaan sumber daya.
4. Kemampuan peneliti.

Beberapa sumber yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperoleh topik penelitian di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Studi kepustakaan.
2. Pengamatan atau observasi lapangan.
3. Informasi dari masyarakat.
4. Imajinasi kreatif dari peneliti.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar