Jumat, 20 September 2013

Apakah Monera Mempunyai Dinding Sel? (BIOLOGI KELAS X)

Apakah Monera Mempunyai Dinding Sel? Kingdom Monera meliputi semua bakteri, dan bakteri dapat dibagi ke dalam archaeans dan Eubacteria. Organisme bersel tunggal berbagi banyak karakteristik yang sama, seperti kromosom melingkar tunggal dan mereka biasanya memiliki dinding sel.

Tujuan Dinding Sel

Dinding sel memperkuat membran plasma dari sel bakteri. Tanpa dinding sel, banyak sel bakteri akan pecah karena tekanan dari isi sel terhadap membran plasma. Kenyataan ini dimanfaatkan oleh antibiotik penisilin, yang mencegah pembentukan dinding sel.
dinding sel monera

Dinding Sel Eubacteria

Eubacteria adalah bakteri yang banyak mempengaruhi manusia termasuk organisme seperti E. coli, S. aureus, dan S. pneumonia. Kebanyakan Eubacteria memiliki dinding sel yang tersusun dari zat yang disebut peptidoglikan, atau murein.

Dinding Sel Archaebacteria

Archaeans kurang berdampak langsung pada orang-orang. Sebagai contoh, organisme mikroskopis mewarnai batuan sekitar mata air panas. Sementara archaeans tidak memiliki dinding sel, mereka menggunakan protein atau pseudomurein bukan peptidoglikan.

Pengecualian penting Eubacteria

Ketika sebagian besar Eubacteria menggunakan peptidoglikan di dinding sel mereka, Chlamydia adalah salah satu pengecualian Eubacteria, bukan menggunakan pengganti protein. Mikoplasma berbeda dari Eubacteria lain dengan tidak adanya lengkap dari dinding sel.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar