Jumat, 20 September 2013

Bagaimana Mitokondria Mengkonversi Makanan Menjadi Energi (BIOLOGI KELAS XI)

Bagaimana Mitokondria Mengkonversi Makanan Menjadi Energi. Makanan adalah bahan bakar bagi tubuh. Mitokondria adalah konverter, mereka mengubah bahan bakar menjadi energi yang bisa digunakan. Ketika makanan dicerna, atau dipecah menjadi molekul dan nutrisi yang terkecil, dan udara diambil, atau terinspirasi, molekul terkecil dan nutrisi menyeberang ke aliran darah. Molekul dan nutrisi mencakup hal-hal seperti glukosa (molekul gula yang berasal dari karbohidrat) dan oksigen.
Penggunaan makanan hanya sebagai bahan bakar. Jika tidak, Anda akan mengkonsumsi bahan bakar lebih dari yang diperlukan untuk membuat mesin yang disebut fungsi tubuh Anda. Dan tahukah Anda apa yang terjadi pada kelebihan bahan bakar? Itu akan disimpan untuk nanti (mesin tetap dipersiapkan untuk kali asupan bahan bakar rendah) sebagai lemak.
Sama seperti api membakar oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan air, tindakan mitokondria seperti tungku ketika mereka mengubah glukosa menjadi adenosin trifosfat (ATP): Mereka “membakar” (penggunaan) oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan air. Karena proses menggunakan oksigen, ia dikatakan aerobik (seperti dalam latihan aerobik).
Proses kimia respirasi terjadi di setiap sel, sehingga disebut respirasi sel aerobik. Langkah-langkah yang terjadi dalam proses ini dijelaskan oleh siklus Krebs (juga disebut asam trikarboksilat [TCA] siklus). Siklus Krebs merupakan landasan untuk memahami bagaimana sel berfungsi.
Respirasi selular aerobik dapat digambarkan seperti ini, dengan setiap langkah mogok produk pada langkah sebelumnya itu:
Makanan (tertelan) + Air (dihirup)
Karbohidrat + Oksigen dan Nitrogen
Glukosa + Oksigen (produk akhir pencernaan dan inhalasi)
ATP (energi) + Karbon Dioksida (dihembuskan) + Air (menghela napas dan diekskresikan)
Jangan bingung respirasi dengan pernapasan. Bernapas adalah hanya bagian dari respirasi. Pernapasan sebenarnya adalah tindakan inspirasi dan akan berakhir, respirasi adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara sel dan atmosfer. Jadi, orang berespirasi, tapi itu terjadi pada tingkat sel.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar