Kamis, 19 September 2013

Cara Menduplikat dan Clone Objek CorelDraw X3 (TIK KELAS XII)

Cara Menduplikat dan Clone Objek CorelDraw X3- Saat melakukan kreasi pada objek, Anda dapat membuat beberapa objek yang sama tanpa harus membuatnya dari awal, caranya dengan menggandakan objek tersebut.
a. Menduplikat Objek (Duplicate)
Objek dapat digandakan menggunakan fasilitas copy dan paste. Selain itu, CorelDRAW menyediakan fasilitas duplicate untuk menduplikat objek. Untuk mengaktifkan duplicate Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.
• Buat sebuah objek, misalkan seperti pada tampilan di bawah ini.
Gambar 2.43 Contoh objek yang akan diduplikat.
Gambar 2.43 Contoh objek yang akan diduplikat.
• Pilih objek dengan menggunakan Pick Tool, berilah warna pada objek. Klik menu Edit, pilih Duplicate, hasil penggandaan akan bertumpuk pada objek, klik dengan Pick Tool, kemudian atur penempatannya.
Gambar 2.44 Hasil duplikat objek.
Gambar 2.44 Hasil duplikat objek.
b. Meng-clone Objek
Selain terdapat fasilitas duplikat, pada program CorelDRAW juga terdapat fasilitas Clone. Fasilitas Clone memiliki fungsi yang hampir mirip dengan duplikat. Namun pada fungsi Clone, jika Anda melakukan perubahan pada objek aslinya, maka objek hasil clone akan ikut berubah, perhatikan cara meng-clone objek berikut ini.
• Buatlah objek seperti berikut.
Gambar 2.45 Gambar objek yang akan di-clone.
Gambar 2.45 Gambar objek yang akan di-clone.
• Pilih objek, kemudian pada menu Edit, pilih dan klik Clone, maka objek akan menggandakan dirinya. Jika Anda mengubah warna pada objek asli maka objek hasil clone juga akan mengubah warnanya sendiri. Hal ini juga berlaku untuk perintah-perintah lainnya.
• Tidak seperti fungsi duplicate yang dapat membuat beberapa duplicate, fungsi clone hanya bisa difungsikan untuk membuat satu duplikat saja pada objek.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar