Rabu, 18 September 2013

Cara Menggunakan Windows Explorer (TIK KELAS X)


Cara Menggunakan Windows Explorer- Windows Explorer merupakan sarana yang penting. Program aplikasi ini otomatis ”tertanam” saat sistem operasi Windows XP diinstal. Jendela Windows Explorer dapat diibaratkan sebagai ”pusat informasi” dalam komputer. Hampir semua data yang ada di dalam komputer dapat dilihat menggunakan program aplikasi tersebut. Data yang dimaksud dapat berupa hasil kerja maupun daftar program aplikasi dalam komputer. Jika Anda menggunakan media penyimpan data misalnya disket, cakram padat (compact disk/CD), maupun flash disk, Anda juga dapat melihat isinya menggunakan Windows Explorer. Lebih dari itu, Windows Explorer juga dapat membuka data dalam komputer lain. Syaratnya, komputer-komputer ini harus tersambung membentuk jaringan komputer. Perhatikan contoh tampilan Windows Explorer berikut.
img1
Gambar 1.40 Tampilan Windows Explorer
Nama dan fungsi tiap-tiap komponen pada Windows Explorer sebagai berikut.
a. Daftar titel (Titlebar). Komponen ini digunakan untuk memberi informasi berupa judul dari jendela yang sedang dijalankan.
b. Jendela kontrol. Komponen ini berada di bagian pojok kanan atas.
Jendela kontrol terdiri atas empat tombol, yaitu tombol Close,tombol Minimize, tombol Maximize, dan tombol Restore. Tombol Maximize dan tombol Restore tidak muncul bersamaan.
Jika tombol Maximize muncul, maka tombol Restore tidak muncul, begitu juga sebaliknya. Fungsi keempat tombol sebagai berikut.
1) Tombol Close untuk menutup program.
2) Tombol Minimize digunakan untuk menyembunyikan tampilan Windows Explorer.
3) Tombol Restore digunakan untuk memperkecil tampilan Windows Explorer.
4) Tombol Maximize digunakan untuk memperbesar tampilan Windows Explorer hingga memenuhi layar monitor.
c. Daftar menu (Menubar). Bagian ini terdiri atas menu-menu. Masing-masing menu terdiri atas submenu. Setiap submenu mewakili satu perintah. Sebagai contoh, menu View memuat submenu Details. Jika Anda melakukan klik pada submenu ini, tampilan folder dan file dalam Windows Explorer akan disajikan berbentuk teks.
d. Daftar alat (Toolbar). Bagian ini terdiri atas ikon-ikon. Setiap ikon mewakili satu perintah. Gambar ikon memiliki arti sesuai dengan perintah yang diwakili ikon tersebut. Misalnya ikon Views. Manfaat ikon ini sama dengan submenu View yang dijelaskan pada poin c di muka.
e. Penggulung (Scrollbar). Komponen ini digunakan untuk menggulung layar. Scrollbar memiliki dua ujung anak panah yang menandakan arah gulungan. Scrollbar ini ada dua macam sebagai berikut.
1) Penggulung horizontal (horizontal scrollbar). Bagian ini berguna untuk menggulung layar ke arah kanan atau kiri.
2) Penggulung vertikal (vertical scrollbar). Bagian ini berguna untuk menggulung layar ke arah atas atau bawah.
Secara umum, tampilan Windows Explorer dibagi menjadi dua kolom, yaitu kolom kiri dan kolom kanan. Kolom kiri menunjukkan silsilah data atau isi komputer. Kolom kanan memuat isi dari folder atau drive yang sedang diaktifkan atau disorot.
img2
Gambar 1.43 Kolom dalam Windows Explorer
Kolom kanan Windows Explorer dapat digunakan untuk melihat identitas file. Misalkan identitas file pada gambar berikut.
img3
Gambar 1.44 Identitas file
Tampilan tersebut dapat dilihat jika Anda mengaktifkan Windows Explorer dalam tampilan Details. Caranya, klik menu View dan pilih submenu Details.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar