Sabtu, 21 September 2013

Evolusi konvergen (BIOLOGI KELAS XII)

Evolusi konvergen: Di perairan dingin dari laut sekitarnya Antartika, ikan memiliki sifat khusus yang memungkinkan mereka untuk bertahan dingin besar. Sebagai ilmuwan menemukan pada tahun 1960, ikan telah beradaptasi dengan berkembang semacam antibeku. Ini terdiri dari molekul yang disebut glikoprotein yang beredar dalam darah ikan, sedikit menurunkan suhu di mana cairan tubuh mereka dinyatakan akan membekukan dan membunuh mereka. Glikoprotein mengelilingi kristal es kecil dan menjaga mereka dari tumbuh.
Ini lain dari solusi evolusi cerdik yang tampaknya hampir terlalu pintar untuk menjadi kenyataan. Tapi pertimbangkan ini: Alam melakukannya tidak hanya sekali, tapi setidaknya dua kali. Ikan di ujung bumi, di Arktik, juga memiliki protein antibeku. Namun kedua populasi ikan terpecah lama sebelum mereka mengembangkan gen antibeku dan protein. Dan, para peneliti telah menemukan, gen yang menghasilkan protein antibeku, utara dan selatan, sangat berbeda. Ini adalah bukti bahwa cukup terpisah, episode evolusi molekuler independen terjadi, dengan hasil fungsional yang sama.
Ini adalah contoh dramatis dari evolusi konvergen, ketika organisme yang tidak berhubungan erat berkembang sifat-sifat yang sama seperti mereka berdua beradaptasi dengan lingkungan yang sama. Ada jumlah terbatas solusi yang efektif untuk beberapa tantangan, dan beberapa dari mereka muncul secara independen lagi dan lagi.
Evolusi konvergen bertanggung jawab atas sayap kelelawar, burung, dan pterodactyl tersebut. Dalam setiap kasus, forelimbs vertebrata ini berubah dari waktu ke waktu menjadi sayap, tetapi mereka melakukannya secara mandiri. Contoh lain adalah berbagai jenis trenggiling, ditemukan di Australia, Afrika, dan Amerika. Meskipun tidak terkait erat, mereka semua berevolusi “alat” yang diperlukan untuk bertahan hidup dengan pola makan semut: panjang, lidah lengket, beberapa gigi, perut kasar, dan kelenjar ludah besar. Dalam setiap kasus, adaptasi evolusi memungkinkan mereka untuk mengeksploitasi ceruk makanan semut dan rayap, tetapi perkembangan terjadi secara independen.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar