Kamis, 19 September 2013

Gam bar Diagram Siklus Karbon (BIOLOGI KELAS X)

Gambar Diagram Siklus Karbon. Diagram siklus karbon berfungsi untuk menunjukkan bagaimana berbagai persediaan karbon pada formulir perubahan bumi dan akhirnya dilepaskan ke atmosfer dalam jumlah yang berbahaya, menambah efek rumah kaca dan pemanasan global.

Penyimpanan karbon

Karbon yang tersimpan dalam berbagai bentuk di bumi. Di bawah tanah, itu disimpan sebagai bahan bakar fosil banyak digunakan untuk energi. Ada lebih dari 1.500 miliar metrik ton karbon yang tersimpan di berbagai tingkatan dalam tanah. Lebih dari 41 lebih miliar metrik ton yang disimpan di bawah permukaan lautan. Berbagai tingkat karbon ditemukan di udara juga. Sebagian besar ini ditemukan secara alami.

Keseimbangan Alam

Diagram menunjukkan bagaimana alam menyeimbangkan pelepasan karbon dioksida dengan penyerapan dengan berbagai proses. Misalnya, proses fotosintesis oleh fitoplankton menyerap 92 miliar ton karbon dioksida kembali ke perairan lautan. Ini menyeimbangkan 99 miliar ton karbon yang secara alami dilepaskan dari permukaan laut.
Setelah banyak penelitian dan eksperimen, para ilmuwan di seluruh dunia telah mengidentifikasi dan menunjuk beberapa pertukaran alam seperti karbon. Pada saat yang sama, bagaimanapun, banyak pertukaran karbon tampaknya tidak seimbang dan menyebabkan jumlah karbon dioksida di udara menjadi terlalu banyak.

Gas Rumah Kaca

Para ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa gas yang terjadi secara alami di bumi yang dapat memberikan kontribusi pada efek pemanasan global karena menjadi gas rumah kaca. Gas-gas ini meliputi uap air, karbon dioksida, metana dan dinitrogen oksida. Namun, karbon dioksida tampaknya menjadi gas yang paling menarik bagi para ilmuwan karena peningkatan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Misalnya, kegiatan manusia yang meningkatkan output dari karbon dioksida lebih dari gas rumah kaca lainnya.

Diagram Siklus Karbon

Tujuan dari diagram siklus karbon adalah contoh keseimbangan alami karbon dan proses yang tampaknya tidak seimbang saat ini. Pertukaran di atas lautan tampaknya masih terkendali. Namun, dengan terjadinya industri memancarkan lebih banyak dan lebih banyak karbon dioksida ke udara, keseimbangan proses lainnya tidak lagi sama. Sebelumnya, proses fotosintesis merawat sebagian besar karbon yang dipancarkan ke udara. Namun, dengan deforestasi dan peningkatan industri, alam tidak bisa mengikuti lagi. Diagram ini menunjukkan contoh ini.
Gambar Diagram Siklus Karbon
Gambar Diagram Siklus Karbon (klik untuk memperbesar)

Cara untuk Mengurangi Masalah Karbon

Ada banyak cara untuk membantu mengurangi emisi yang tidak perlu karbon dioksida ke atmosfer. Banyak perusahaan yang berusaha mendapatkan sertifikasi karbon netral. Ini berarti bahwa proses yang mereka gunakan adalah seimbang dalam beberapa cara dengan cara lain untuk melindungi lingkungan. Konsep baru lainnya adalah gagasan kredit karbon. Ketika sebuah perusahaan atau individu secara aktif berpartisipasi dalam proyek-proyek karbon, adalah mungkin untuk memperoleh kredit karbon. Banyak perusahaan membayar perusahaan lain untuk kredit karbon. Ada perusahaan bermunculan di seluruh dunia yang misi adalah untuk melakukan hal-hal baik untuk lingkungan dan harus dibayar oleh perusahaan lain untuk melakukannya, menyediakan mereka dengan kredit karbon.

Konsep Sulit di Pegang

Sampai Anda benar-benar melihatnya digambarkan dalam diagram siklus karbon, konsep pemanasan global dan gas rumah kaca adalah salahsatu yang sulit untuk sepenuhnya dipahami. Setelah melihat itu dalam warna hitam dan putih, itu menjadi lebih jelas bahwa proses pertukaran di alam tidak bisa bersaing dengan usaha manusia. Jika sesuatu tidak dilakukan untuk mengurangi ini secara signifikan, bumi akan berada dalam kesulitan nyata suatu hari nanti. Terserah generasi sekarang dan masa depan untuk membuat prioritas.
Diagram siklus karbon pasti melayani tujuan sebagai alat pendidikan bagi siswa yang lebih muda dan lebih tua. Ini digunakan di sekolah-sekolah, lokakarya dan seminar untuk mengajarkan efek pertukaran karbon tidak seimbang. Ada banyak solusi untuk masalah ini, cukup sekali orang berkomitmen untuk bekerja menuju pemecahan itu. Jika semua orang mendapat di kapal, itu akan menjadi pertempuran jauh lebih mudah untuk melawan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar