Sabtu, 21 September 2013

Kenapa PH Mempengaruhi Aktivitas Enzim (BIOLOGI KELAS XII)

Enzim dan Kecepatan Reaksi
Setiap orang memiliki keseimbangan pH alami dalam tubuh. Enzim adalah protein yang mempercepat reaksi kimia dalam tubuh Anda. Misalnya, enzim memecah gula untuk pencernaan. Tanpa enzim untuk mempercepat proses itu, tubuh Anda secara harfiah akan kelaparan. Para ilmuwan mengatakan enzim mempercepat, atau mengkatalisasi, sekitar 4.000 reaksi dalam tubuh. Setiap enzim memiliki bentuk yang berbeda, sehingga sangat spesifik untuk reaksi tertentu. Sebuah enzim tunggal dapat mengkatalisis reaksi spesifik lagi dan lagi.
Perubahan pH Mengganggu Enzim
Sebuah perubahan pH mengganggu bentuk sebuah enzim dan struktur. pH mengukur keasaman – air netral dan memiliki pH 7. Ketika perubahan pH struktur sebuah enzim ini, enzim tidak dapat melakukan tugasnya. Perubahan pH memecah ikatan halus yang mempertahankan bentuk suatu enzim. Sebuah enzim akan terurai, atau denaturasi, dan menjadi tidak berguna dalam pH yang berbeda.
Bagaimana pH Mempengaruhi Aktivitas Enzim?
Semua enzim tidak diciptakan sama. Enzim lambung bekerja di lingkungan super asam pH 2. Sebuah sedikit jalan ke saluran pencernaan, enzim usus membutuhkan pH 8. Masukan enzim lambung di dalam usus dan Anda berada dalam masalah.
Makan Enzim, Tetap Sehat
Buah-buahan dan sayuran mentah yang kaya dengan enzim. Makan makanan-enzim tinggi membantu pencernaan dan meningkatkan nutrisi dalam tubuh Anda. Tumbuh biji, kacang-kacangan dan tumbuhan polong juga kaya akan enzim. Buah-buahan dan pemanas sayuran mengganggu fungsi enzim. Makan makanan mentah dan menikmati manfaat dari diet-enzim yang tinggi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar