Kamis, 19 September 2013

Menggunakan Dockers Transformation CorelDraw X3 (TIK KELAS XII)


Menggunakan Dockers Transformation CorelDraw X3Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan sebuah objek, diperlukan ketepatan dan keakuratan yang tinggi. Pada CorelDRAW terdapat beberapa fasilitas untuk membuat perubahan pada objek sehingga memiliki nilai ketepatan yang tinggi. Salah satu fasilitas adalah Dockers Transformations, untuk mengaktifkan fasilitas Dockers Transformations, lakukanlah langkah-langkah berikut.
• Klik menu Arrange.
• Pilih Transformation kemudian pilih Position, kemudian muncul kotak Transformation seperti berikut.
Gambar 2.55 Fasilitas Dockers Transformation.
Gambar 2.55 Fasilitas Dockers Transformation.
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing fungsi yang terdapat pada Dockers Tranformation. Tabel 2.2 Nama dan Funsi ikon Fasilitas Dockers Transformation
Ikon Nama Fungsi
Position
Position Memindahkan objek ke arah yang ditentukan
Rotation
Rotation Memutar objek sesuai arah yang Anda kehendaki
Scale and Mirror
Scale and Mirror Membuat salinan objek dengan menggunakan skala dan pencerminan
Skew
Skew Mengubah arah objek ke arah tertentu
Size
Size Menentukan ukuran sebuah objek
Relative Position
Relative Position Posisi objek relatif terhadap objek aslinya
Apply to Duplicate
Apply to Duplicate Membuat salinan terhadap objek asli
Apply
Apply Menerapkan hasil perubahan hanya pada objek asli
Salah satu fasilitas Dockers Transformations adalah memindahkan posisi sebuah objek (Position), caranya adalah sebagai berikut.
Gambar 2.56 Mengisi Relative Position.
Gambar 2.56 Mengisi Relative Position.
• Klik objek yang akan dipindahkan
• Aktifkan Docker Transformations, pada kotak relative position klik kotak kosong paling kanan tengah,
kemudian klik Apply to Duplicate, perhatikan, hasilnya akan tampak seperti berikut.
Gambar 2.57 Hasil pemindahan objek menggunakan Dockers Transformations.
Gambar 2.57 Hasil pemindahan objek menggunakan Dockers Transformations.
• Anda dapat menggunakan fasilitas Position, dengan cara mengisikan nilai pada kotak H (Horizontal) atau V (Vertikal), contohnya pada gambar 2.58.
Gambar 2.58 Mengisi kotak H dengan nilai 1.
Gambar 2.58 Mengisi kotak H dengan nilai 1.
• Klik objek yang akan Anda ubah posisinya
• Pada kotak H masukkan angka 1, kemudian klik Apply to Duplicate, lihatlah hasilnya seperti pada gambar berikut.
Gambar 2.59 Hasil pemindahan objek dengan memasukan suatu nilai.
Gambar 2.59 Hasil pemindahan objek dengan memasukan suatu nilai.
Fasilitas Rotation dapat Anda gunakan untuk memutar objek sesuai dengan keakuratan nilai yang Anda masukkan.
• Buat objek seperti gambar berikut kemudian klik objek yang akan dirotasi
Gambar 2.60 Membuat Objek yang akan dirotasikan.
Gambar 2.60 Membuat Objek yang akan dirotasikan.
• Aktifkan jendela Transformation Tool.
• Pada pilihan angle, masukkan angka kemiringan yang Anda inginkan, misalnya masukkan angka 100.
• Klik Apply to Duplicate hingga terbentuk tampilan seperti gambar berikut.
Gambar 2.61 Hasil rotasi dengan angle 100 derajat.
Gambar 2.61 Hasil rotasi dengan angle 100 derajat.
Anda juga dapat menggunakan posisi Anchor pada jendela Transformation Tool.
• Buatlah objek, misalnya seperti gambar berikut, kemudian klik objek menggunakan Pick Tool.
Gambar 2.62 Membuat objek yang akan diputar.
Gambar 2.62 Membuat objek yang akan diputar.
• Beri tanda cecklist pada kotak relative di kanan atas, seperti gambar berikut.
Gambar 2.63 Mengisi kotak relatif.
Gambar 2.63 Mengisi kotak relatif.
• Klik Apply to Duplicate beberapa kali sampai objek terlihat seperti gambar. Perhatikan perubahan pada objek, perubahan pada objek mengikuti relatif yang Anda pilih.
Gambar 2.64 Hasil putaran objek menggunakan kotak relatif.
Gambar 2.64 Hasil putaran objek menggunakan kotak relatif.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar