Kamis, 19 September 2013

Menyisipkan Gambar Excel 2007 (TIK KELAS XI)

Menyisipkan Gambar Excel 2007- Untuk menyisipkan gambar ke dalam dokumen, klik tab Insert pada ribbon, periksa grup Illustrations, klik tombol Picture. Kemudian, klik file gambar yang akan disisipkan, klik Insert. MS Excel akan menambahkan sebuah ribbon baru dengan nama Picture Tools Format.
Picture Tools – Format
Gambar 6.31 Grup Adjust Pada ribbon baru tersebut, periksa grup Adjust.
Grup Adjust Pada ribbon
a. Mengubah Warna gambar Excel 2007
Anda dapat mengubah wana gambar menjadi grayscale, watermark, sephia, dan sebagainya dengan cara klik tombol Color Klik salah satu pilihan yang disediakan.
b. Mengatur Kontras gambar Excel 2007
Untuk mengatur kontras, gunakan tombol tombol kontras, klik salah satu pilihan yang disediakan
c. Mengatur Kecerahan gambar Excel 2007
Untuk mengatur kecerahan, gunakan tombol tombol kecerahan, klik salah satu pilihan yang disediakan
d. Mengompres Gambar Excel 2007
Tujuan mengompres adalah agar ukuran file gambar menjadi lebih kecil (saat dilakukan penyimpanan dokumen), untuk mengompres klik tombol tombol kompres gambar
e. Mereset Gambar Excel 2007
Untuk mengembalikan gambar ke kondisi (warna, ukuran, skala, cahaya, dan sebagainya) awal (kondisi sebelum pengaturan), klik tombol tombol reset pictures
f. Memotong Gambar Excel 2007
Anda dapat memotong gambar dengan tujuan menghilangkan bagian yang tidak perlu dengan cara, klik tombol Crop yang berada di grup Size, kemudian posisikan pointer mouse pada kotak hitam kecil yang menempel pada garis tepi gambar, lakukan dragging, ke bagian dalam gambar.
Cara memotong gambar
Gambar 6.32 Cara memotong gambar
g. Mengubah Ukuran gambar Excel 2007
Jika gambar yang Anda masukkan ke dalam worksheet ternyata terlalu besar atau terlalu kecil, Anda dapat mengubahnya. Caranya, klik pada gambar, perhatikan garis-garis pembatas gambar, terdapat beberapa kotak-kotak dan bulatan-bulatan kecil. Untuk mengubah lebar gambar, dapat Anda lakukan dengan menggerakan pointer ke kotak yang berada di bagian tengah garis gambar sebelah kiri atau kanan, klik kotak tersebut, kemudian lakukan dragging ke arah kanan atau ke arah kiri.
Cara mengubah ukuran Gambar
Gambar 6.33 Cara mengubah ukuran Gambar
Untuk mengubah tinggi gambar, dapat Anda lakukan dengan menggerakkan pointer ke kotak yang berada di bagian tengah garis gambar sebelah atas atau bawah, Klik kotak tersebut, kemudian lakukan dragging ke arah atas atau ke arah bawah.
mengubah ukuran dengan dragging
Gambar 6.34 Langkah mengubah ukuran dengan dragging
Jika Anda ingin mengubah lebar dan tinggi gambar sekaligus, dapat Anda lakukan dengan dragging dari kotak-kotak pada sudut-sudut gambar, ke arah diagonal.
Mengubah ukuran labar dan tinggi gambar
Gambar 6.35 Mengubah ukuran labar dan tinggi gambar sekaligus
h. Memutar Gambar Excel 2007
Anda dapat memutar (merotasi) gambar dengan mengklik tombol Rotate yang ada pada grup Arrange. Kemudian, klik salah satu pilihan yang disediakan.
tombol Rotate yang ada pada grup Arrange
Gambar 6.36 Pilihan rotate
Satu hal yang menarik pada MS Excel 2007 ketika Anda menggerakkan pointer pada salah satu menu yang disediakan, maka akan diperlihatkan efek dari pemilihan menu tersebut. Untuk mengatur putaran sesuai dengan kebutuhan Anda, klik More Rotation Options.
More Rotation Options
Gambar 6.37 Jendela Size and
Properties
Kemudian, masukkan besaran derajat pemutaran yang Anda butuhkan pada textbox Rotation, kemudian klik Close. Untuk memutar, dapat juga dengan menggunakan simbol berwarna bulatan hijau yang berada di atas gambar. Gerakkan pointer ke arah simbol tersebut, kemudian lakukan dragging secara diagonal atau memutar.
textbox Rotation
Gambar 6.38 Memutar dengan dragging diagonal dan memutar
Anda dapat saja mengubah efek-efek lain dari gambar yang Anda masukkan, jika perlu, klik salah satu kotak dari daftar Picture Style. Akhirnya, tampilan Clip Art menjadi tampak lebih menarik.
Picture Style
Aplikasi Picture Style
Gambar 6.39 Aplikasi Picture Style

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar