Minggu, 22 September 2013

Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik (FISIKA KELAS XII)

Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik- Gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti dalam bidang kedokteran di antaranya untuk mendeteksi bagian dalam organ tubuh. Dalam bidang industri, gelombang ultrasonik digunakan untuk mengetahui keretakan suatu material dari logam, dan gelombang ultrasonik juga dapat dipakai untuk mengukur kedalaman laut. Gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan karena memiliki sifat yang dapat dipantulkan. Oleh karena frekuensinya tinggi, gelombang ultrasonic tidak banyak mengalami gangguan oleh medium perantaranya sehingga yang terbawa oleh gelombang tersebut setelah mengalami pemantulan masih tetap besar.
1. Pemanfaatan dalam Bidang Kedokteran
Sebagaimana diketahui bahwa sifat gelombang ultrasonic yang dapat dipantulkan menjadikan gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan dalam bidang kedokteran, di antara untuk mengamati bagian dalam organ tubuh manusia. Gelombang ini akan dipantulkan sebagian jika melewati bidang batas dua medium yang memiliki massa jenis berbeda dan sebagian lagi diteruskan. Dalam tubuh manusia yang diberi pancaran gelombang ultrasonik, gelombang tersebut akan dipantulkan jika mengenai jaringan-jaringan dalam tubuh, cairan dalam tubuh dan juga oleh tulang. Pemeriksaan dengan menggunakan gelombang ultrasonik ini disebut dengan pemeriksaan USG (ultrasonografi). Alat ini digunakan untuk mendeteksi bagian dalam tubuh, seperti pemeriksaan lever, ginjal, dan juga janin dalam rahim ibu yang sedang hamil. Kelainan-kelainan yang terjadi dalam tubuh manusia akan dapat dianalisis oleh dokter. Demikian juga dalam kandungan dapat diketahui lebih dini.
2. Pemanfaatan dalam Mendeteksi Kerusakan Logam
Sebelum berkembangnya detekstor ultrasonik, alat biasa dipakai sebagai alat tes tanpa merusak pada material adalah radiografi sinar-x. Dengan adanya detector ultrasonic yang sangat presisi, pemeriksaan suatu logam dapat menggunakan gelombang ultrasonik. Detektor gelombang ultrasonik juga dapat dipakai dalam pemeriksaan hasil pengelasan, baik pada pengelasan lempengan logam maupun pada pengelasan pipa-pipa. Bahkan, juga dipakai untuk mendeteksi keretakan pada logam, serta penipisan yang terjadi pada pipa-pipa atau dinding-dinding tangki yang tidak dapat diamati secara visual.
1. Pemanfaatan dalam Mengukur Kedalaman Laut
Ketika akan mengukur kedalaman laut, gelombang ultrasonik dipancarkan dari sebuah kapal di atas permukaan air laut. Gelombang merambat dalam air sampai ke dasar laut. Kemudian, gelombang tersebut dipantulkan oleh dasar laut. Gelombang ultrasonik yang terpantul akan terdeteksi oleh detektor yang ada di kapal. Jika kecepatan perambatan gelombang ultarsonik dalam air diketahui dengan cara mengukur waktu yang diperlukan gelombang ketiak dikirim dan ketika diterima kembali, kedalaman laut dapat dihitung dan kedalaman laut adalah s.Maka, persamaannya dapat diperoleh sebagai berikut.
S = v( ½ t)
dengan:
s = kedalaman laut (m)
v = kecepatan gelombang dalam air (m/s)
t = waktu yang diperlukan gelombang datang dan pergi (s). Waktu yang diperlukan oleh gelombang untuk menepuh jarak s adalah ½ t

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar