Minggu, 22 September 2013

Pengertian dan Kecendrungan Afinitas Elektron (KIMIA KELAS X)


Pengertian dan Kecendrungan Afinitas Elektron- Afinitas elektron adalah perubahan energi atom ketika elektron ditambahkan kepada atom itu dalam keadaan gas. Contoh:
Cl(g) + e →Cl(g)
Berbeda dengan energi ionisasi, afinitas elektron dapat berharga positif atau negatif. Jika satu elektron ditambahkan kepada atom yang stabil dan sejumlah energi diserap maka afinitas elektronnya berharga positif. Jika dilepaskan energi, afinitas elektronnya berharga negatif. Secara umum, nilai afinitas elektron dalam golongan yang sama dari atas ke bawah menurun, sedangkan pada periode yang sama dari kiri ke kanan meningkat. Nilai afinitas elektron umumnya sejalan dengan jari-jari atom. Makin kecil jari-jari atom, nilai afinitas elektron makin tinggi. Sebaliknya, makin besar jari-jari atom, nilai afinitas elektron kecil.
Contoh Menentukan Kecenderungan Afinitas Elektron
Urutkan atom-atom berikut menurut kenaikan afinitas elektronnya: S, Cl, dan P.
Jawab
Afinitas elektron adalah perubahan energi ketika atom menerima elektron. Pada periode yang sama, dari kiri ke kanan dalam tabel periodik, afinitas elektron umumnya meningkat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa afinitas elektron untuk P < S < Cl.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar